+62811-2635-846 tuguwisata@gmail.com
Air Terjun Sri Gethuk, Wisata Air Terbaik Di Jogja

Air terjun Sri Gethuk, Wisata Air Terbaik Di Jogja – Wisata air sri gethuk terkenal dengan kealamian air terjunnya yang bersih dan jernih. Wisata alam air terjun memang cukup jarang di Gunung kidul karena lokasi ini di kenal dengan daerah yang gersang dan tandus akibat gugusan bukit kapur.

Air Terjun Sri Gethuk sering di kaitkan dengan air terjun yang ada di wisata Grand Canyon Arizona Amerika. Air yang mengalir dari atas air terjun sri gethuk tidak pernah berkurang, baik selama musim hujan maupun musim kemarau. Sehingga tempat ini dapat di kunjungi kapan pun di segala musim. Paket wisata yogya air terjun ini bisa menjadi pilihan alternatif wisata alam yang ada di yogya.

Sedikit kisah singkat mengenai Air Terjun Sri Gethuk. Berdasarkan dari referensi yang saya baca air terjun ini berasal dari sebuah cerita legenda dari masyarakat yang tinggal disekitar air  terjun ini. Menurut masyarakat sekitar nama sri gethuk bermula dari sejarah tempat air terjun ini. Oleh masyarakat sekirar lokasi air terjun dianggap sebagai tempat penyimpanan Kethuk. Kethuk merupakan salah satu alat musik khas Jawa yaitu gamelan yang di miliki oleh mahluk halus bernama Jin Anggo Meduro, dari nama Kethuk inilah nama air terjun sri gethuk berasal. Konon pada waktu waktu tertentu masyarakat sekitar sering mendengar suara gamelan yang nyaring dari lokasi air terjun ini.

Lokasi air terjun ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oya. Dari pusat kota Yogyakarta menuju lokasi Air terjun ini memiliki jarak kurang lebih 28 Km. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun sri gethuk dapat menggunakan rute dari pusat kota yogya ambil jalan menuju arah Wonosari, lurus terus sampai menemukan pertigaan gading ikuti petunjuk jalan untuk menuju Playen Dingo.

Dari playen dingo jaraknya tidak terlalu jauh, wisatawan dapat bertanya pada masyarakat sekitar lokasi wisata Air Terjun Sri Gethuk. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah, dan juga dapat menyewa kendaraan di sekitaran Pusat Kota Yogya baik motor atau pun mobil, dengan syarat yang cukup mudah. Atau bisa pula dengan menggunakan jasa paket wisata yogya yang ada.

Tiket masuk wisata alam air terjun sri gethuk adalah sebesar Rp. 3.000. jalan menuju lokasi ini lumayan menantang. Dari tempat parkir kendaraan menuju lokasi ini medannya lumayan ekstrim, terdapat 2 jalur yang dapat ditempuh yaitu dengan menyusuri jalan setapak yang terjal atau menyusuri derasnya sungai Oya dengan menyewa perahu buatan yang terbuat dari drum bekas dan papan dengan tarif Rp. 5.000. Perahu rakit ini merupakan milik pemerintah yang di kelola oleh pengelola tempat Air Terjun ini.

Jika memilih menyusuri jalan setapak dengan berjalan kaki, sebaiknya berhati hati karena  jalanan cukup licin, gunakan sepatu atau sandal agar tidak terlalu licin. Jika anda memilih menggunakan perahu sebagai akses untuk menuju lokasi, sebaiknya anda lebih pagi datang ke tempat wisata ini, hal ini dikarenakan sungai tidak mengalami pasang dan arus sungai cukup tenang. Di sepanjang sungai wisatawan akan di suguhi pemandangan yang khas, yaitu batu kapur yang mengapit sungai Oya dan juga pepohonan yang rindang berwarna hijau, serta udara sekitar yang masih sejuk dan segar. Kurang lebih membutuhkan waktu selama 15 menit mengarungi sungai Oya untuk sampai ke lokasi air terjun sri gethuk.

Fasilitas yang ada di lokasi wisata alam sri gethuk belum lengkap karena lokasinya yang cukup terpencil. Wisatawan bisa menyewa perahu untuk menyusuri sungai oya menuju ke lokasi air terjun sri gethuk. Wisatawan juga bisa bergabung ke dalam jasa paket wisata yogya agar akses menuju wisata alam air terjun sri gethuk menjadi lebih mudah dan aman.

 

Leave a Reply