+62811-2635-846 tuguwisata@gmail.com
Gumuk Pasir Parangkusumo Yogya

Parangkusumo Yogya – Untuk anda yang ingin berwisata ke gurun pasir, tidak perlu jauh jauh ke luar negeri karena di Indonesia ada sebuah gurun pasir yang sangat terkenal di Yogya yaitu Gumuk Parangkusumo. Gumuk yang berarti gundukan atau tumpukan dalam bahasa jawa, merupakan salah satu fenomena alam yang sangat jarang terjadi dan butuh waktu ribuan tahun untuk proses pembentukannya.

Banyak peneliti baik dari dalam dan luar negeri yang meneliti tentang fenomena terbentuknya Gumuk Parangkusumo yang berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Fenomena terbentuknya gumuk hanya ada dua di dunia yaitu di Yogya dan Meksiko.

Proses terbentuknya Gumuk Parangkusumo diantaranya  disebabkanoleh  berkumpulnya material vulkanik dari gunung merapi yang terbawa oleh aliran sungai opak, sungai progo dan sungai sungai lainnya. Material material tersebut berkumpul di pantai parang tritis, lambat laun material tesebut akhirnya terkikis menjadi butiran butiran halus dan menepi ke pantai parang tritis. Proses tersebut terjadi secara terus menerus dan bertahun tahun sehingga membentuk gumuk atau gunungan pasir di sepanjang tepi pantai. Wisata alam yang unik ini banyak menarik wisatawan baik dari dalam dan luar negeri, maka tak heran rasanya jika banyak paket wisata yogya yang menawarkan wisata ke Gumuk Parangkusumo.

Gumuk Parangkusumo terbentang sepanjang pantai parang tritis dan pantai depok dengan luas 2 km. Wisata alam ini terletak di desa parangtritis, Bantul Yogya. Selain sebagai tempat wisata alam, Gumuk Parangkusumo juga dijadikan objek penelitian. Jika anda berkunjung kesana anda akan menemukan museum dan laboratorium untuk keperluan penelitian ilmiah. Suhu di Gumuk Parangkusumo sangat ekstrim, ketika siang hari suhu sangat panas dan terik namun ketika malam hari suhu berubah menjadi sangat dingin.

Tiket Masuk Gumuk Parangkusumo Yogya

Tiket masuk ke Gumuk Parangkusumo Yogya sangat murah, yaitu sebesar Rp. 3.000/orang. Harga tersebut tidak termasuk tarif parkir kendaraan pribadi. Anda juga bisa mencoba permainan ski pasir di Gumuk Parangkusumo dengan harga Rp. 200.000/orang dengan durasi 2 jam. Harga tersebut sudah termasuk sewa helm, pengaman siku dan lutut. Anda bisa bermain ski pasir dengan ketinggian 20 meter dan dapat meluncur dengan bebas sepanjang 200 meter. Jangan lupa mengenakan topi jika hendak berwisata ke Gumuk Parangkusumo untuk menghindari terik matahari yang sengat menyengat ketika siang hari. Anda juga bisa menggunakan jasa paket wisata yogya menggunakan jasa Sewa Bus Jogja dengan penawaran harga yang sangat bersaing sehingga wisata anda akan jauh lebih hemat.

Akses Jalan ke Gumuk Parangkusumo Yogya

Akses untuk menuju wisata alam Gumuk parangkusumo Yogya sangat mudah, dari arah kota Yogya ke arah selatan menuju jalan parangtritis. Setelah sampai menuju wisata parantritis lurus terus , sebelum loket masuk parangtritis belok kanan sampai bertemu loket masuk pantai Depok. Sebelum loket masuk pantai Depok belok kiri dan lurus terus sampai menemukan wisata Alam Gumuk Parangkusumo.

Fasilitas Gumuk Parangkusumo Yogya

Fasilitas yang ada pada wisata alam Gumuk Parangkusumo Yogya sangat lengkap, mulai dari toilet, tempat parkir, pos penjagaan, warung makan dengan harga yang sangat terjangkau, toko toko souvenir, mushola, penginapan, museum, laboratorium ilmiah, klinik kesehatan dan masih banyak yang lain. Sangat disarankan untuk mengunjungi wisata Gumuk Parangkusumo pada sore hari agar bisa mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Gumuk Parangkusumo atau yang sering disebut Padang pasirnya indonesia sangat cocok untuk Anda yang menyukai travelling untuk mengunjungi wisata alam yang ada di Indonesia.

Leave a Reply