Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

Berwisata Dan Camping Di Pantai Pok Tunggal – Pantai pok tunggal manyajikan pemandangan cantik dan indah yang terbentang di sepanjang hamparan pantai. Pasir putih dengan ombak biru yang menghempas seolah menjadi daya tarik tersendiri akan keindahan pantai pok tunggal.

Sebatang pohon duras tumbuh rindang di bibir pantai dan menjadi ikon pantai ini. Pohon yang sulit tumbuh ini sangat dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat, wisatawan dilarang keras memanjat dan merusak pohon ini. Karena sangat istimewanya pantai ini, banyak penyedia jasa wisata yogya yang berlomba lomba menawarkan perjalanan wisata ke pantai pok tonggal dengan harga yang menarik.

Banyak wisatawan mancanegara yang tertarik akan pesona pantai pok tunggal dengan hamparan pasir putihnya serta kokohnya dinding perbukitan yang mengelilingi pantai pok tunggal. Pantai ini merupakan surganya para traveller serta lokasi yang asyik untuk dijelajahi. Pantai Pok Tunggal terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung, adanya pantai ini semakin mengukuhkan Gunung kidul sebagai pusatnya pantai-pantai cantik berpasir putih yang masih alami.

Barisan tebing karang yang berdiri gagah dan kokoh menjadi daya tarik tersendiri pada pantai pok tunggal. Tebing-tebing dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat cocok untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing. Butuh nyali dan keterampilan luar biasa untuk memanjat tebing ini karena belum ada jalur pemanjatan pada tebing ini. Di tebing-tebing karang pantai ini masih terdapat primata liar. Masih banyak dijumpai kawanan monyet liar yang melompat dari balik tebing di sebelah timur. Di pantai ini juga terdapat mata air tawar yang  berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst.

Wisata alam Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung kidul Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Watulawang dan di sebelah barat Pantai Ngetun,  50 km dari kota wonosari atau 2 jam dari pusat kota yogya. Wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini bisa mengambil beberpa rute di bawah ini

  • Dari Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Arah Hutan Bunder – Gading -Logandeng – Siyono- Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi – Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat -Jalan Girisubo – Wonosari – Jalan Saptosari – Tepus-Pok Tunggal
  • Dari Jogja – Imogiri – Panggang – Jalan Saptosari – Tepus – Ikuti Arah ke Pantai Baron -Pertigaan Jalan sebelum Pantai Baron belok kiri  menuju Pantai Indrayanti  – Pertigaan di Kawasan Pantai Indrayanti ke kiri ikuti jalan aspal – Pos Retribusi – beberapa meter sebelah kanan jalan ada papan petunjuk arah “Pantai Pok Tunggal” – ikuti jalan kecil ke lokasi pantai Pok Tunggal dengan ciri ada Pohon Duras di kanan jalan masuk.

Tarif tiket masuk pantai pok tunggal adalah sebesar Rp 5.000 sampai 10.000 bergantung pada waktu dan hari berkunjung. Tarif parkir sepeda motor adalah sebesar Rp 2.000 dan tarif parkir mobil adalah sebesar Rp 5.000 sedangkan tarif parkir Minibus adalah sebesar Rp 15.000.

Menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal akan semakin lengkap tanpa menikmati pemandangan indah  matahari tenggelam di balik pantai. Wisatawan juga bisa bermalam di tenda sambil menikmati hembusan angin pantai serta deburan ombak ditemani oleh langit penuh bintang.

Bila tidak membawa tenda, wisatawan  bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat denga tarif Rp. 60.000. Banyak fasilitas fasilitas umum yang terdapat di pantai ini seperti toilet, kamar mandi umum, musholla, parkir yang luas, rumah makan, serta toko toko souvenir.

Dengan menggunakan jasa paket wisata jogja menggunakan armada sewa bus jogja dari DK Transport Jogja akan menjadi salah satu cara terbaik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta ini.

Leave a Reply

0818635846