+62811-2635-846 tuguwisata@gmail.com

Bukit Teletubbies Candi Abang Wisata Unik di Yogyakarta

Bukit Teletubbies Candi Abang Wisata Unik di Yogyakarta – Mencari wisata unik di Yogyakarta bisa menjadi pilihan liburan untuk semua kalangan. Di Kabupaten Sleman, tepatnya di dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, kecamatan Prambanan terdapat suatu lokasi yang unik yaitu Rumah Dome.

Jika Candi Abang dikenal sebagai bukit Teletubbies, maka rumah dengan warna luar putih lebih dikenal dengan rumah Teletubbies ini dilihat dari arsitektur bangunan yang unik menyerupai rumah tokoh kartun Tinki Winky, Dipsy, Lala dan Po.

Untuk menuju ke Bukit Teletubbies ini pengunjung bisa melalui jalan ke arah Candi Ratu Boko yaitu jalan raya Prambanan – Piyungan. Dari sekitar kompleks Ratu Boko Anda bisa melihat petunjuk arah yang terdapat di kiri jalan.

Dibangunnya rumah Dome ini tentu memiliki alasan. Pada tahun 2006 gempa besar yang melanda Yogyakarta membuat sebagian warga kehilangan tempat tinggal. Sehingga pasca gempa tersebut dibangunlah rumah Dome yang dirancang tahan gempa dan tahan api.

Keunikan rumah ini adalah saat hujan cuaca akan menjadi hangat dan pada saat panas keadaan rumah menajdi dingin. Selain dari keunikannya, banyak pengunjung yang penasaran dengan isis rumah Dome tersebut. Ternyata di dalam rumah / Bukit Teletubbies itu sama denan rumah pada umumnya yaitu memiliki beberapa ruang seperti kamar tidur, ruang makan, dan dapur. Bahkan rumah Dome ini terbagi menjadi dua lantai.

Selain bangunan rumah penduduk, bangunan unik ini juga dibuat untuk sarana umum seperti mushola, klinik, dan pendopo atau aula pertemuan warga yang dibentuk kubah yang ukurannya lebih besar. Biasanya kampung rumah Dome ini ramai dikunjungi masyarakat pada hari minggu juga hari libur sekolah. Ditambah lagi jika hari libur tersebut terdapat badut teletubbies yang melengkapi suasana rumah teletubbies sehingga pengunjung akan langsung meminta foto bersama. Di beberapa rumah Dome milik warga jua lengkap dilukisi dengan teletubbies yang menambah kesan pengunjung untuk menjadikan rumah Dome ini spot wisata yang menarik.

Nah tidak ada salahnya jika Anda sedang berada di sekitar Istana Ratu Boko ataupun Candi Ijo untuk mampir ke rumah Dome dan mengabadikan momen untuk kemudian di promosikan di media sosial agar semakin menambah devisa Indonesia.

Leave a Reply