+62811-2635-846 tuguwisata@gmail.com
Indahnya Waduk Sermo dari Atas Menara Pandang Kalibiru Kulonprogo

Indahnya Waduk Sermo dari Atas Menara Pandang Kalibiru Kulonprogo – Akhir akhir ini wisata alam Kalibiru mendadak populer dan banyak yang menggugah foto mereka ketika berada di Kalibiru di berbagai sosial media terutama instagram dan twitter.

Ada satu lokasi di wisata alam Kalibiru yang menyedot perhatian para wisatawan, yaitu menara pandang. Sebuah spot favorit untuk menangkap keindahan alam yang ada dibawah lokasi kalibiru, keindahan waduk sermo dan perbukitan menoreh. Banyak paket wisata yogya yang menawarkan wisata ke Kalibiru Kulonprogo.

Dari menara pandang wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah waduk sermo dan hijaunya perbukitan menoreh yang diselimuti oleh kabut putih yang tebal. Pemandangan pada pagi dan sore hari jauh lebih indah dengan pemandangan langsung matahari terbit dan tenggelam. Jika cuaca cerah, ombak putih dari pantai selatan bisa terlihat dengan jelas dari atas menara pandang Kalibiru. terdapat 2 menara pandang yang ada di Kalibiru. Wisatawan juga dapat mengabadikan momen diatas menara dengan menyewa jasa foto  langsung jadi dengan tarif Rp. 15.000 saja.

Wisata Kalibiru berada di Desa Hagrowilis Kecamatan Kokap Kulonprogo, sekitar 40 km dari pusat kota Yogya. Kawasan ini adalah hutan pinus yang dikelola oleh masyarakat setempat untuk dijadikan wisata alam dan edukasi. Banyak paket wisata Yogya yang menawarkan perjalan wisata ke Kalibiru. udara di Kalibiru sangat sejuk dan segar karena berada di perbukitan menoreh dengan ketinggian 450 m dibawah permukaan laut. Wisata alam Kalibiru merupakan wisata alam yang paling terkenal di kabupaten Kulonprogo Yogya.

Untuk menuju lokasi wisata alam Kalibiru wisatawan harus bekerja keras melalui jalan yang berliku dan terjal. Dari pusat kota Yogya wisatawan bisa naik kendaraan sampai di Kalibiru yang memakan waktu selama kurang lebih 2 jam, setelah itu wisatawan harus naik dengan berjalan kaki kurang lebih memakan waktu 10 menit. Perjuangan wisatawan tidak akan sia sia setelah sampai diatas karena disuguhi oleh pemandangan hutan pinus yang indah serta udara yang sejuk dan segar. Wisatawan bisa menuju ke wisata alam Kalibiru dengan bergabung dengan paket wisata yogya tentunya yang sudah bekerja sama dengan Sewa Bus Jogja dan DK Transport Jogja akan menjadikan wisata anda semakin menyenangkan.

Untuk para pecinta travelling yang ingin menempuh rute yang menantang, ada beberapa rute yang bisa ditempuh. Wisatawan bisa melalui rute wates dengan mengikuti arah jalan yang ada disepanjang jalan wates menuju waduk sermo sampai menemukan papan petunjuk ke wisata Kalibiru.  selain itu bisa juga melalui rute clereng, jalan di clereng sangat sepi dan rawan akan bencana longsor jika musim hujan tiba. Seiring dengan perkembangan teknologi wisatawan bisa menggunakan aplikasi penunjuk jalan yang bisa didownload melalui smartphone seperti google map, waze, gps navigator, dan lain lain.

Banyak fasilitas dan permainan yang ada di wisata alam Kalibiru, seperti permainan outbond, camping ground untuk wisatawan yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda, peginapan atau homestay, warung makan dengan harga terjangkau, toko toko souvenir, persewaan tenda, mushola, kamar mandi, toilet, parkir yang luas dan masih banyak fasilitas lain yang disediakan. Dengan bergabung dalam paket wisata yogya akan memudahkan wisatawan dalam berwisata ke Kalibiru Yogya.

Tarif masuk ke wisata alam Kalibiru Kulonprogo sangat murah, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000/ orang. Jika wisatawan menggunakan kendaraan, akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 2.000 untuk montor. Wisata alam Kalibiru sangat cocok untuk pecinta travelling yang suka dengan wisata alam yang cukup menantang .

Leave a Reply