Keindahan Pantai Siung yang Unik di Gunung Kidul

Keindahan Pantai Siung yang Unik di Gunung Kidul – Kabupaten Gunung Kidul di Yogyakarta terkenal dengan wisata pantai yang masih asri dan belum ramai pengunjung. Di antara beberapa pantai, bahkan puluhan pantai yang ada di Gunung Kidul.

Pantai Siung tetap menarik perhatian para pengunjung untuk menikmati keunikan yang ada di pantai ini. Keunikan yang menonjol di pantai Siung ini ialah adanya batu-batu karang raksasa yang membentang di timur dan barat pantai yang letaknya agak menjorok ke laut. Jika pengunjung memerhatikan batu tersebut dari jauh, akan tampak seperti gigi kera atau Siung Wanara, sehingga pantai ini dinamakan pantai Siung. Selain itu, fungsi dari batu karang raksasa ini salah satunya dimanfaatkan sebagai lokasi panjat tebing.

Lokasi pantai Siung

Lokasi pantai Siung berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempatnya berjarak 77 kilometer dari kota Yogyakarta. Pengunjung yang akan berwisata ke pantai ini dapat menuju ke arah kota Wonosari terlebih dulu dari Yogyakarta dan menempuh perjalanan kurang lebih selama dua jam menuju kota Wonosari, tergantung kondisi jalan.

Akses jalan yang dilalui pun semakin berkelok, terkadang pengunjung dapat menemukan jalan yang menikung tajam dan menanjak. Setelah pengunjung sudah sampai di kota Wonosari, barulah menuju ke arah pantai di pesisir selatan Gunung Kidul. Bagi pengunjung yang baru pertama kali datang, jangan ragu untuk datang karena banyak papan penunjuk arah dan bisa juga bertanya kepada warga sekitar. Oleh karena itu, pastikan kendaraan yang digunakan terisi bahan bakar penuh, karena menujuk ke arah pantai ini, sulit ditemukan penjual bensin.

Di sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai, pengunjung dapat menikmati pemandangan berupa bukit kapur yang ditumbuhi oleh pohon-pohon jati. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan ombak yang bergulung-gulung.

Leave a Reply

0818635846