+62811-2635-846 tuguwisata@gmail.com

Lokasi dan Rute Candi Banyunibo Prambanan Yogyakarta

Lokasi dan Rute Candi Banyunibo Prambanan Yogyakarta – Yogyakarta adalah kota sejuta peninggalan bersejarah yang ada di Indonesia dan memiliki berbagai macam warisan budaya. Salah satunya adalah Candi Banyunibo Prambanan Yogyakarta.

Candi Banyunibo Prambanan Yogyakarta berada di dusun Cepit, desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Letaknya tidak jauh dari candi Ratu Boko, yaitu ada di bagian sebelah timur dari kota Yogyakarta ke arah kota Wonosara.  Dari candi Prambanan sendiri berada sekitar 5,6 kilometer ke arah selatan. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 yaitu pada masa pemerintahan kerajaan Mataram Kuno.

Ciri khas candi Banyunibo salah satunya terdapat stupa di bagian atas candi yang merupakan ciri khas dari agama Buddha. Candi ini juga awalnya ditemukan dalam keadaan runtuh yang kemudian digali dan mulai diteliti tahun 1940. Candi Banyunibo Prambanan Yogyakarta masih sangat jarang diketahui dan dikunjungi oleh wisatawan karena belum terlalu tereksplor dibandingkan dengan candi-candi besar lainnya yang sama-sama berada di satu kawasan, seperti candi Prambanan dan candi Ratu Boko. Selain itu, letaknya juga masih terpencil di tengah area persawahan dan terpisah dari kelompok candi lainnya.

Untuk pengunjung yang akan melihat keindahan dan keunikan candi Banyunibo bisa membayar tiket masuk sebesar Rp2.000,00/orang. Candi Banyunibo Prambanan Yogyakarta sendiri memiliki satu bangunan candi induk yang arahnya menghadap ke barat dan memiliki enam bangunan candi pewara atau candi kecil sebagai candi pendamping yang letaknya sebelah timur dan selatan dari candi induk. Candi pewara yang ada di candi Banyunibo ini kondisinya cukup memprihatinkan karrena dibiarkan sebagai reruntuhan saja.

Terdapat delapan buah jendela di bangunan candi induk ini yang dapat langsung melihat ke arah pemandangan di ladang. Relief-relief yang ada di dinding candi Banyunibo ini bagitu indah dan masih utuh serta terawat. Selain relif-relief yang terdapat pada dinding candi, terdapat pula beberapa arca yang diletakkan begitu saja, misalnya di dekat pos satpam dan tidak dirawat karena diletakkan begitu saja.

Sedikit Info nih Guys, Bagi yang membutuhkan jasa Sewa Bus Jogja bisa loh menyewa kendaraan di DK Transport Jogja. Ada banyak sekali tipe kendaraan yang dimiliki seperti Sewa Hiace JogjaSewa Short Elf JogjaSewa Long ELf JogjaSewa Medium Bus JogjaSewa Big Bus Jogja, dan Sewa SHD Bus Jogja yang bisa anda gunakan untuk kendaraan wisata anda bersama dengan keluarga.

Jika sobat mengakses halaman ini menggunakan smartphone silahkan sobat tinggal klik tombol panggilan yang berada di bawah layar handphone sobat. Selamat berlibur ?

Leave a Reply