Menikmati Indahnya Pelabuhan Ikan di Pantai Sadeng Gunungkidul

Menikmati Indahnya Pelabuhan Ikan di Pantai Sadeng Gunungkidul – Yogyakarta selalu terkenal dengan objek wisatanya yang menarik. Banyak sekali destinasi wisata alam yang dapat dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Salah satunya adalah wisata pantai. Banyak puluhan pantai yang tersebar di Yogyakarta yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi waktu liburan. Salah satu pantai unik yang berada di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul adalah pantai Sadeng.

Pantai ini terlihat menarik karena menurut cerita yang beredar, pantai Sadeng terbentuk akibat proses geologi yang terjadi jutaan tahun silam. Konon dahulu Sungai Bengawan Solo yang terkenal itu mengalir ke hulu di bagian utara dan bermuara di pantai Sadeng.

Baca Juga : Rute dan Lokasi Pantai Sadeng Gunungkidul Yogyakarta

Saat proses geologi terjadi, yaitu dataran pulau Jawa yang terangkat akibat lempeng Australia yang menghujam ke bawah pulau Jawa membuat arus sungai tidak bisa melawan hingga akhirnya aliran berbalik ke utara. Jalur awal pun mengering dan tidak lagi terdapat air yang mengalir. Di sekitar pantai pun banyak terdapat bukit kapur yang menurut beberapa penelitian merupakan karang-karang yang berada di bawah permukaan laut.

Pengunjung yang akan berkunjung ke pantai ini dapat melihat dan menikmati pemandangan dalam beberapa ratus meter jalur aliran sungai Bengawan Solo purba. Terdapat plang “Girisubo – Ibukota Kecamatan” yang menjadi awal jalur aliran sungai Bengawan Solo purba dan dua buah perbukitan kapur tinggi yang memanjang dan mengapit dataran rendah tersebut yang disebut sebagai bekas jalur aliran sungai.

Jika jalur aliran tersebut disusuri terus ke arah selatan, pengunjung akan menemukan bekas muara jalur aliran tersebut yaitu pantai Sadeng.  Jalur aliran tersebut saat ini menjadi ladang-ladang milik penduduk, sedang pantai Sadeng sendiri telah menjadi pelabuhan perikanan di Yogyakarta yang terbilang maju. Terdapat juga perahu motor yang berukuran besar, kemudian ada juga terminal pengisian bahan bakar dan rumah pondok nelayan hingga tempat pelelangan ikan. Pantai Sadeng menjadi pelabuhan ikan sejak tahun 1983 yang pada saat itu ada rombongan nelayan dari Gombong di Jawa Tengan yang datang ke tempat dan mengganggap pantai Sadeng berpotensi sebagai tempat melaut.

Sedikit Info nih Guys, Bagi yang membutuhkan jasa Sewa Bus Jogja bisa loh menyewa kendaraan di DK Transport Jogja. Ada banyak sekali tipe kendaraan yang dimiliki seperti Sewa Hiace JogjaSewa Short Elf JogjaSewa Long ELf JogjaSewa Medium Bus JogjaSewa Big Bus Jogja, dan Sewa SHD Bus Jogja yang bisa anda gunakan untuk kendaraan wisata anda bersama dengan keluarga.

Jika sobat mengakses halaman ini menggunakan smartphone silahkan sobat tinggal klik tombol panggilan yang berada di bawah layar handphone sobat. Selamat berlibur ?

Leave a Reply

0818635846