+62811-2635-846 tuguwisata@gmail.com

Misteri Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta

Misteri Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta¬†–¬†Bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta pasti mengenal pantai Parangtritis, yaitu pantai yang paling terkenal dan paling banyak diminati wisatawan di pesisir selatan kabupaten Bantul ini.

Bahkan ada istilah yang mengatakan jika kita berwisata ke Yogyakarta belum merasa lengkap jika belum mengunjungi pantai ini. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang begitu besar dan mitos mengenai Nyi Roro Kidul. Pantai dengan pasir hitam ini menarik dikunjungi dan bisa dijadikan referensi tempat rekreasi karena memiliki beberapa keunikan yang tidak didapatkan di pantai lainnya.

Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling populer di Yogyakarta yang terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai Parangtritis terletak sekitar 27 kilometer dari arah pusat kota Yogyakarta. Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi bisa langsung menyusuri jalan Parangtritis lurus terus hingga menemukan gapura atau pintu masuk pantai Parangtritis.

Pantai ini berada di paling selatan pulau Jawa dan terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Pengunjung akan merasakan deburan ombak yang cukup besar dan hembusan angin kencang. Mitos terkenal di pantai ialah adanya kerajaan jin yang berada di dasar laut yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul. Jadi, pengunjung yang datang dilarang memakai pakaian berwarna hijau, karena warna hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul. Tentang kebenarannya, belum dapat dipastikan, tetapi alangkah baiknya jika kita sebagai pengunjung dapat menghormati kepercayaan sekitar.

Untuk tiket masuk pantai ini dikenakan biaya Rp10.000,00/orang dan sudah termaksud wisata pantai Parangkusumo dan pantai Samas, tetapi belum termaksud biaya parkir. Adanya penyewaan andong di sini menjadi keunikan tersendiri.

Selain itu, pengunjung juga dapat menaiki kuda dan diarahkan langsung oleh pemiliki kuda, kemudian menyusuri bibir pantai dari barat ke arah timur ataupun sebaliknya. Biaya sewa kuda ini sekitar Rp25.000,00 sampai dengan 30.000,00/orang. Pengunjung yang ingin merasakan suasana lain, bisa juga menyewa sebuah ATV yang biasanya di parkir di dekat bibir pantai. Biaya sewa ATV ini berkisar antara Rp50.000,00 sampai Rp100.000,00/setengah jam. Terdapat pula wisata paralayang, tetapi pengunjung harus naik terlebih dahulu ke bukit paralayang di dekat pantai Prangtritis.

Leave a Reply