Pantai Parangtritis, Pemandangan Ombak yang Indah nan Eksotis

Pantai Parangtritis, Pemandangan Ombak yang Indah nan Eksotis – Pantai Parangtritis merupakan salah satu objek wisata alam yang terkenal di Yogya. Pantai ini memiliki pemandangan hamparan pasir yang menawan, selain itu pantai ini juga memiliki Gumuk atau gundukan pasir yang tidak akan ditemui di objek wisata alam lainnya.

Gumuk ini merupakan satu satunya Gurun Pasir yang ada di Indonesia dan Asia Tenggara. Berdasarkan cerita rakyat, konon katanya asal mula nama Parangtritis berasal dari seorang bernama Dipokusumo yang melarikan diri dari kerajaan Majapahit. Ketika sedang bersemedi, Dipokusumo melihat celah celah batu karang yang menjatuhkan tetesan air. Dalam bahasa jawa, karang disebut juga dengan “paran”, sedangkan tetesan air disebut dengan “Tumatitis”, dari sinilah nama asal Parangtritis berasal.

Di sisi utara timur Pantai ini terdapat bukit kecil, dari atas bukit ini akan ditemukan pemandangan Pantai Parangtritis yang sangat menakjubkan. Selain itu wisatawan juga dapat mengunjungi Bukit Parangndog yang terdapat di sisi timur Pantai ini. Kawasan tersebut sangat sulit dicapai dan membutuhkan tenaga yang ekstra, namun rasa lelah akan terbayar dengan suguhan pemandangan yang sangat indah apalagi pemandangan matahari tenggelam di sore hari. Di bukit Parangndog juga disediakan tempat untuk olahraga paralayang dan gantole. Banyak paket wisata yogya menggunakan armada Sewa Bus Jogja DK Transport Jogja yang menawarkan liburan asyik ke Pantai Parangtritis dan pantai pantai lain yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis.

Objek wisata alam Parangtritis menyajikan keindahan lepas pantai dan dataran pasir hitam yang luas. Pasir pasir bukit hitam sangat melimpah di pantai ini dan membentuk bukit kecil dengan ditumbuhi sedikit pepohononan disekelililngnya. Pemandangan inilah yang membuat Pantai Parangtritis lebih istimewa bila dibanding dengan objek objek wisata di Bantul Yogya. Ombak di Pantai Parangtritis yang besar pun menambah keeksotisan pantai terutama pada siang dan sore hari. Wisatawan harus berhati hati jika berenang di pantai ini, karena sangat berbahaya dan sudah menelan banyak korban. Wisatawan bisa berenang sepuasnya hanya pada zona aman yang sudah dibatasi.

Pantai Parangtritis terletak di pesisir selatan kota yogya, tepatnya di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek Kabupaten Yogya. Lokasi pantai ini sangat strategis dan dekat dengan pusat kota Yogya kira kira 28 km dari kota dan membutuhkan waktu selama satu jam untuk menuju lokasi Pantai Parangtritis. Untuk menuju wisata alam Pantai Parangtritis wisatawan bisa mengambil rute jalan parangtritis lurus terus ke selatan sampai ke Pantai Parangtritis, rute ini sangat mudah dan lancar bagi wisatawan yang berasal dari luar kota yogya dan wisatawan manca negara. Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan berbeda menuju ke Pantai Parangtritis, bisa mengambil rute di sebelah tenggara kota Yogya melalui jalan Imogiri dan desa Siluk. Selain itu wisatawan juga dapat bergabung dengan jasa paket wisata yogya dengan menggunakan jasa Sewa Hiace Jogja agar perjalanan menuju Pantai ini menjadi mudah dan cepat.

Tiket masuk ke wisata alam Pantai ini sangat murah, yaitu Rp. 5.000 /orang. Banyak fasilitas fasilitas umum yang tersedia di pantai ini seperti toilet, kamar mandi, rest area, tempat parkir yang luas, penginapan dan hotel, warung makan dengan harga yang terjangkau, toko kelontong, toko souvenir, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu terdapat pula wahana permainan ATV yang dapat disewa dengan harga Rp. 50.000 – Rp. 100.000. Bila ingin menyusuri pinggiran pantai dari timur ke barat wisatawan juga dapat menyewa kuda atau kereta kuda dengan tarif Rp. 20.000. objek wisata Pantai Parangtritis merupakan salah satu wisata wajib yang banyak ditawarkan oleh jasa paket wisata yogya dengan harga yang cukup bersaing.

Leave a Reply

0818635846