+62811-2635-846 tuguwisata@gmail.com

Pantai Samas, Menikmati Pantai dengan Penyu Cantik

Pantai Samas, Menikmati Pantai dengan Penyu Cantik – Pantai di Yogyakarta ada berapa sih? Banyak dong. Namanya juga kota Istimewa.  banyak sekali destinasi wisata alam Jogja, wisata pantai Jogja, dan apa sih yang kamu cari? Pasangan? Bisa sih 😀 tinggal baik-baik aja disini pasti dibaikin juga.

Loh haha kembali ke topic utama ya membahas pantai di Jogja memang tidak pernah surut sih. Jika Gunungkidul dianggap sudah selesai berkunjung semua, sekarang bergeser ke kabupaten Bantul. Di kabupaten Bantul terdapat salah satu pantai yang bisa dijadikan spot wisata menarik. Salah satunya ada Pantai Samas. Sudah pernah kesini? Bagi yang belum tolong simak sampai akhir ya hahaha.

Pasir yang membentang sejauh mata memandang di Pantai Samas ini digunakan sebagi temapt bertelur penyu-penyu langka seperti Penyu Hijau, Penyu Blimbing, Penyu Hijau, dan Penyu Lekang.oleh sebagian masyarakat setempat telur penyu kerap diburu di sempanjang pantai untuk berbagai keperluan. Akan tetapi dengan kesadaran dan prakarsa sejumlah nelayan, sejumlah lembaga swadaya lingkungan, bersama dengan Balay Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta, maka dibentuk Forum Konservasi Penyu Bantul yang anggotanya adalah nelayan yang sempat berburu telur penyu.

Baca Juga : Lokasi, Rute Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Penyu-penyu di pantai Samas seringkali mendarat untuk bertelur. Forum Konservasi Penyu Bantul kemudian menerapkan penetasan secara semi alami untuk telur yang hendak menetas. Wah lucu sekali pasti ya bayi-bayi penyu :D. Mereka melakukannya dengan memindahkan telur di pasir pantai ke sarang bautan untuk selanjutnya ditempatkan di kolam yang telah dikelola. Karena prosesnya yang semi alami, maka pelepasan ke laut juga harus menunggu selama 3 bulan agar tangguh. Karena akan berenang-renang ke laut yang ombaknya garang. 😀

Nah mengunjungi pantai ini akan lebih lengkap jika berkunjung ke kolam-kolam penyu melihat bayi-bayi yang siap diluncurkan ke samudra. Dan tetap menjaga dan berhati-hati jika berkunjung ke sini siapa tahu kaki kamu menginjak telur. Menginjak masa lalu saja sakit apalagi menginjak penyu yang btuh masa depan. Aduh kasihan kan? 😀

Karena pantai ini sudah dikelola maka untuk fasilitasnya tidaklah sulit. Demikian kisah penu dan keindahan laut pantai Samas Bantul Yogyakarta. Selanjutnya kemana lagi ya? Silahkan itu kamu yang menentukan. 

Selamat berlibur sobat, Jika sobat hendak berlibur bersama keluarga namun masih bingung memilih kendaraan apa, sobat bisa menghubungi Sewa Bus Jogja di DK Transport Jogja dengan cara klik tombol call yang ada di bawah layar smartphone sobat.

Leave a Reply