Pesona Desa Wisata Tembi Yogyakarta

Pesona Desa Wisata Tembi Yogyakarta – Yogyakarta saat ini sangat terkenal dengan desa wisata yang ditawarkannya. Banyak sekali desa wisata yang terdapat di Yogyakarta dan sangat menarik untuk dikunjungi bagi pengunjung yang merindukan suasana pedesaan.

Salah satu desa wisata yang harus dikunjungi saat pergi ke Yogyakarta adalah desa wisata Tembi. Desa wisata tersebut berada di desa Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 9 kilometer dari arah kota Yogyakarta. Uniknya dari desa wisata Tembi yaitu terdapat rumah budaya Tembi berarsitektur Jawa yang dijadikan sebagai home stay atau tempat menginap wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Keunikan lainnya yang terdapat di desa wisata Tembi ialah penamaannya sendiri menurut cerita yang beredar di masyarakat. Pada dahulu kala desa wisata ini dinamakan Tembi karena diambil dari nama seorang Dewi yang bernama Dewi Tembi.

Lain dari pada itu, awal mula keberadaan desa wisata Tembi ini ialah ada seorang warga asing dari Australia tahun 1994 bernama Wrwick Purlen Larsen yang begitu peduli dan terpesona dengan suasana alam pedesaan di wilayah Tembi.

Kemudian setelah itu Menteri Kebudayaan Indonesia yang pada saat itu menjabat juga melihat potensi yang ada di desa Tembi ini untuk dijadikan sentra kerajinan dan cocok digunakan sebagai home stay. Oleh karena itu, desa Tembi kemudian diresmikan menjadi salah satu desa wisata di Yogyakarta.

Desa wisata Tembi juga mendapat julukan sebagai Rumah Budaya karena banyak sekali aktvitas yang berkaitan dengan seni yng dilakukan di desa ini. Kegiatan yang dimaksud tersebut adalah kegiatan seperti melukis, membatik, dan membuat keramik untuk dijadikan seni kerajinan khas desa Tembi ini. Selain itu, terdapat pembuatan kuliner khas desa Tembi seperti keripik Bonggol, tempe dele, dan sagon. 

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat peralatan tradisional seperti keris dan aneka senjata tradisional. Ada juga foto siklus hidup masyarakat Jawa, seperti Manten, Mitoni, Tedhak Siten, dan lainnya. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk datang ke desa wisata Tembi ini.

Selamat berlibur sobat, Jika sobat hendak berlibur bersama keluarga namun masih bingung memilih kendaraan apa, sobat bisa menghubungi Sewa Bus Jogja di DK Transport Jogja dengan cara klik tombol call yang ada di bawah layar smartphone sobat.

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

0818635846