Rangkaian Batu Raksasa Indah Di Candi Sambisari Sleman

Rangkaian Batu Raksasa Indah Di Candi Sambisari Sleman – Candi sambisari mempunyai bentuk yang sangat unik, jika kebanyakan jadi berupa bangunan candi, lain halnya dengan candi sambi sari. Candi ini nampak sekilas seperti tumpukan batu atap yang disusun di atas tanah.

Setelah diamati lebih dekat, ternyata lokasi candi ini berada 6,5 meter lebih rendah dari wilayah sekitarnya sehingga candi ini nampak lebih kecil dari ukuran aslinya.  Banyak paket wisata yogya yang menawarkan paket wisata ke candi sambi sari sleman.

Candi sambisari sleman dibangun sekitar abad ke-9 pada masa pemerintahan raja rakai garung. Candi peninggalan agama hindu ini sempat terkubur oleh material letusan gunung merapi selama bartahun tahun. Baru pada tahun 1996 seorang petani dari dusun sambi sari tanpa sengaja mencangkul tanah dan mengenai sebuah batuan dengan pahatan ukiran diatasnya dan penemuan ini segera dilaporkan ke suaka purbakala. Batu berpahat yang ditemukan itu diduga merupakan bagian dari candi yang terkubur di bawah areal sawah. Penggalian akhirnya dilakukan hingga ditemukan  ratusan batu batuan lain beserta arca-arca kuno. Batu batu ini memang bagian dari sebuah candi yang terkubur.

Lokasi Candi sambisari sleman barada di Dusun samb isari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, yogyakarta sekitar 12 km arah timur dari kota yogya, atau kira-kira 4 km sebelum kompleks candi prambanan. Ada beberapa rute yang bisa diambil jika wisatawan ingin berkunjung ke lokasi candi sari, yaitu

  • Dengan menggunakan transportasi umum : naik bus jurusan Yogya – Solo dari Janti dan berhenti di Jalan Yogya – Solo Km 10 perhatikan tanda jalan ). setelah itu wisatawan  dapat melanjutkan dengan ojek ( sepeda motor taksi ) sekitar 2 Km menuju ke wisata candi sambi sari
  • Dengan menggunakan  kendaraan pribadi : rute timur ke Solo – Yogya dan berhenti di jalan yogya -Solo Km 10 Jalan , menemukan tanda jalan yang menunjukkan arah ke Candi Sambi sari dan belok kiri, terus lurus selama sekitar 2 Km .

Tiket masuk ke candi sambi sari adalah sebesar Rp. 3.000 / orang. Kompleks candi sambi sari ini terdiri dari candi induk dan 3 candi pewara atau candi pendamping dengan dikelilingi pagar batu 2 lapis. Terdapat 4 pintu masuk area candi sambi sari. Menaiki tangga pintu masuk candi induk, wisatawan  bisa menjumpai hiasan berupa seekor singa yang berada dalam mulut makara (hewan ajaib dalam mitologi Hindu) yang menganga. Figur makara di candi sambi sari dan merupakan evolusi dari bentuk makara di India yang bisa berupa perpaduan gajah dengan ikan atau buaya dengan ekor yang membengkok.

Pada anak tangga terakhir pintu masuk candi induk. akan dijumpai 3 relung yang masing-masing berisi sebuah arca. Di sisi utara, terdapat arca dewi durga (isteri dewa siwa) dengan 8 tangan yang masing-masing menggenggam senjata. Sementara di sisi timur terdapat arca ganesha (anak dewi durga). Di sisi selatan, terdapat arca agastya dengan aksamala (tasbih) yang dikalungkan di lehernya. Banyak rerumputan hijau yang tumbuh teratur di pelataran candi yang semakin menambah indahnya panorama di candi sambi sari.

Banyak yang menjadikan Candi sambisari sebagai lokasi photoshoot baik untuk prewedding maupun foto bersama keluarga. Wisatawan pun bisa menggelar tikar dan berpiknik ria disini.  Setelah puas menikmati panorama candi Sambi sari, wisatawan bisa mampir ke museum mini untuk mengetahui rangkaian sejarah eskavasi candi. Terdapat fasilitas fasilitas umum seperti toilet, masjid, tempat parkir, warung warung makan, dan toko souvenir. Wisatawan bisa mengunjungi wisata candi sambi sari dengan bergabung dengan paket wisata yogya.

Dengan menggunakan jasa paket wisata jogja menggunakan armada sewa bus jogja dari DK Transport Jogja akan menjadi salah satu cara terbaik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi Sambisari Sleman ini.

Leave a Reply

0818635846