+62811-2635-846 tuguwisata@gmail.com
Rekreasi Air Seru di Waduk Sermo Kulon Progo

Rekreasi Air Seru di Waduk Sermo Kulon Progo – Yogya adalah kota di Indonesia yang kaya akan objek wisata alam dan wisata sejarahnya. Tak perlu jauh jauh keluar negeri jika ingin menikmati keindahan alam yang diciptakan oleh sang Maha Pencipta.

Salah satu daerah di Yogya yang terkenal dengan wisata alamnya adalah kabupaten Kulon Progo. Daerah ini mempunyai salah satu wisata alam air yang memiliki keindahan nan menawan dengan suasana air yang tenang dan jernih bak pemaandian para biadadari, waduk sermo. Waduk ini adalah telaga buatan yang dibuat diatas lahan  seluas 157 hektar, lahan tersebut dahulu merupakan perkampungan warga yang dihuni oleh sekitar 100 kepala keluarga. Pembangunan Waduk Sermo menelan biaya 22 miliar dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 November 1996. Air di Waduk Sermo Kulon Progo selain sebagai sumber mata air bersih bagi PDAM, air irigasi bagi persawahan sekitar, juga dijadikan sebagai objek wisata alam dan edukasi di Kulon Progo. Pemandangan perbukitan yang mengelilingi Waduk Sermo menjadikan keindahan Waduk Sermo semakin mempesona. Banyak paket wisata yogya yang menawarkan wisata alam ke Waduk  Sermo Kulon Progo.

Untuk menuju lokasi Waduk Sermo tidaklah sulit karena letak waduk ini sangat dekat dengan jalan utama , rute termudah menuju Waduk Sermo adalah melalui jalan Wates. Wisatawan bisa menggunakan bus umum dan angkutan umum untuk menuju kesana, disarankan untuk berangkat pagi pagi agar tidak terlalu lama menunggu bus. Ada beberapa rute yang bisa dilalui diantaranya :

  • Rute dari Arah timur : Kota Jogja – Jalan raya Wates – Pusat Kota Wates (Alun-alun Wates Kulon Progo) –Kokap. – Waduk Sermo.
  • Rute dari Arah Barat : Jalan raya Purworejo Wates melewati jalur selatan – Terminal Wates belok kiri – Perlintasan rel kereta api belok kiri – Jalan Wates arah Kokap – Ke lokasi Waduk Sermo.

Selain menikmati keindahan Waduk Sermo Kulon Progo, wisatawan juga bisa melakukan aktifitas lainnya seperti jogging, bersepeda, bahkan memancing. Wisatawan bisa duduk santai di gubuk sekitar waduk sambil menikmati kesejukan udara perbukitan yang mengelilingi Waduk Sermo. Wisata alam Waduk Sermo sangat cocok untuk wisata bersama keluarga, teman, dan juga pasangan. Jika wisatawan ingin mengetahui tentang info dan sejarah Waduk Sermo, bisa mengunjungi kantor pengelolaan Waduk Sermo yang letaknya tidak jauh dari waduk. Pintar pintarlah mencari waktu jika ingin berkunjung ke Waduk Sermo, karena biasanya sebulan sekali diadakan pertunjukan tari adat khas Kulon Progo. Tarian khas ini sangat jarang dipertunjukkan secara umum.

Tiket masuk ke wisata alam Waduk Sermo Kulon Progo adalah sebesar Rp. 3.000, jika wisatawan menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan tarif parkir Rp. 1.500 untuk montor dan Rp. 3.000 untuk mobil. Jika wisatawan ingin mengelilingi Waduk Sermo agar bisa menyentuh langsung air waduk sermo yang jernih dan hembusan angin yang segar, wisatawan bisa menaiki perahu dengan tarif Rp. 6.000/ orang, atau bila ingin menyewa perahu secara privat dikenakan tarif Rp. 30.000. keamanan Waduk Sermo sangat diutamakan oleh pengeloloa setempat, ada tim SAR yang siap menjaga keamanan wisatawan jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas fasilitas umum yang ada di Waduk Sermo Kulon Progo antara lain seperti tempat parkir, kamar mandi, toilet, villa dan outbond yang berada disebelah timur waduk, penginapan, warung makan dan restaurant, wahana permainan Speed Boat, dan masih banyak yang lainnya. Bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Waduk Sermo, disarankan untuk mengikuti jasa  paket wisata yogya dengan armada sewa bus jogja DK Transport Jogja yang menawarkan wisata ke Waduk Sermo dengan harga yang menarik.

Leave a Reply