+62811-2635-846 tuguwisata@gmail.com

Rute, Lokasi Candi Prambanan Sleman Yogyakarta

Rute, Lokasi Candi Prambanan Sleman Yogyakarta – Candi prambanan memiliki nama lain, yaitu candi Roro Jonggrang. Candi Prambanan Sleman ini terletak di Bokoharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Penamaan tersebut berkaitan dengan sejarah atau legenda yang sangat terkenal dan melatarbelakangi terbentuknya candi ini.  Selain diakui oleh lembaga UNESCO, candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar dan tercantik di Indonesia dan tempat wisata bersejarah zaman kerajaan Hindu.

Lokasi candi Prambanan ini sebenarnya berada di perbatasan kabupaten Sleman, Yogyakarta, dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Untuk lebih tepatnya, candi ini terletak di Bokoharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mungkin candi Prambanan adalah candi yang segalanya berkaitan dengan perbatasan, karena letaknya berada di kompleks candi di wilayah administrasi desa Bokoharjo, sehingga banyak candi-candi bersejarah lainnya yang terdapat di sekitar candi Prambanan. Selain itu, pintu masuk komplek candi Prambanan ini terletak di wilayah administrasi desa Tlogo.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa candi Prambanan terletak di perbatasan dua provinsi besar, maka akomodasi dan akses ke candi ini tidaklah sulit. Letaknya berada di kurang lebih 17 kilometer timur laut arah Yogyakarta, 50 kilometer barat arah Solo atau Surakarta, dan 120 kilometer selatan arah Semarang. Selain itu, candi Prambanan berada 100 meter dari jalan Jogja – Solo, sehingga mudah diakses. Bagi pengunjung yang berasal dari Yogyakarta dan ingin naik kendaraan umum, dapat naik trans jogja jurusan candi Prambanan dan turun di terminal Prambanan. Letaknya tidak jauh dari terminal, hanya berada tepat di depannya saja, sehingga pengunjung hanya perlu berjalan kaki.

Candi Hindu ini dibangun pada abad ke-9 masehi dan dipersembahkan untuk tiga dewa utama Hindu, yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah atau perusak, serta dikenal dengan konsep Trimurti, yaitu tiga dewa Hindu yang dimuliakan. Ruang utama dalam komplek candi ini ditempati oleh arca dewa Siwa, yaitu dewa yang paling dimuliakan di kompleks  candi Prambanan, yaitu candi Siwa dan dikenal dengan sebutan Siwa Mahadewa. Candi Prambanan telah megalami beberapa kali pemugaran, di antaranya pemugaran besar-besar terjadi tahun 1990. Selain itu, gempa yang terjadi di Yogyakarta pada 27 Mei 2006 dengan skala 5,9 skla richter telah merusak sebagian banguna candi, sehingga upaya renovasi dilakukan.

Selamat berlibur sobat, Jika sobat hendak berlibur bersama keluarga namun masih bingung memilih kendaraan apa, sobat bisa menghubungi Sewa Bus Jogja di DK Transport Jogja dengan cara klik tombol call yang ada di bawah layar smartphone sobat.

Leave a Reply