Sejarah Penamaan Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta

Sejarah Penamaan Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta – Banyak cerita dari kota istimewa yang satu ini. Ya Kota istimewa yogykarta selalu punya cerita tersendiri untuk menarik para wisatawan datang berkunjung, salah satunya adalah Sejarah Penamaan Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta.

Adapula sejarah dari penamaan Baron untuk pantai ini. Karena biasanya pantai lain di Gunungkidul diambil dari bahasa Jawa atau mitos Jawa sebelum akhirnya berakhir ke penamaan. Nama Baron berasal dari tokoh ketoprak Baron Sekeber. Baron Sekeber ini merupakan bangsawan asal Belanda. Beberapa penutur lain mengatakan dari Portugis atau Spanyol. Intinya adalah bule dari orang luar negeri khususnya Eropa. Dia adalah seorang bule sakti yang pernah berperang melawan panembahan Senopati sang pendiri Kasultanan Mataram. Di pantai inilah mereka menyembunyikan senjata dan tempat persemnuyian khususnya. Oleh sejak itu, pantai ini akhirnya dinamai pantai Baron untuk mengingat bule sakti tersebut.

Pantai Baron Gunungkidul, Warna air sungai tanah sebelum menabrak air laut yang bercampur dengan hijaunya tanaman sekeliling pantai, menjadikan pantai ini tetap menyaji pemandangan yang indah. Meskipun pasirnya tidak terlalu putih, namun pantai ini cukup terlihat cantik dengan adanya karang kanan kiri yang mengapit pantai. Pantai ini tidak disarankan berenang. Karena ombak ganasnya yang menggulung-gulung bisa saja menyeret ke samudera Hinida. Akan tetapi bila ingin menikmati syahdunya pantai, pengunjung bisa menyewa perahu untuk berkeliling.

Dengan tarif Rp. 5000 per orang, pengunjung bisa memasuki mercusuar dan menyaksikan bentang alam Gunungkidul dari atas. Terdiri atas 9 lantai berbentuk segi banyak. Setap lantainya dihubungkan oleh tangga spiral. Ruangan di dalam cukup besar. Pada lantai genapterdapat balkon yang bsia digunakan untuk memandang area sekitar. Pada lantai ke-7, tangga digantikan oleh tangga yang lebih licin. Sehingga disarankan tidak mengenakan alas kaki untuk menanjakki tangga. Cukup seram, tapi setelah itu kalian bisa merasakan pemandangan WOW dari ketinggian. Bukit karang yang berbaris, hijau bertemu dengan warna samudra yang biru dengan ombaknya yang menggulung di selatan.

Selamat berlibur sobat, Jika sobat hendak berlibur bersama keluarga namun masih bingung memilih kendaraan apa, sobat bisa menghubungi Sewa Bus Jogja di DK Transport Jogja dengan cara klik tombol call yang ada di bawah layar smartphone sobat.

Leave a Reply

0818635846