+62811-2635-846 tuguwisata@gmail.com
Sejuknya Pemandangan Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Sejuknya Pemandangan Kebun Buah Mangunan Yogyakarta – Berkunjung kesalah satu objek wisata alam di Bantul ini, wisatawan akan disambut dengan segarnya udara sekitar yang masih alami serta hijaunya perkebunan yang menyejukkan mata.

Berwisata di kebun buah mangunan tidak akan membuat wisatawan kecewa, banyak pemandangan sekitar yang sangat indah yang bisa anda nikmati dari lokasi kebun ini seperti pemandangan hamparan pantai parangtritis bagian selatan, pemandangan kota bantul bagian barat, serta pesona sungai oya yang sangat curam. Di lokasi ini juga banyak ditemui populasi monyet yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata alam buah mangunan. Banyak jasa paket wisata yogya yang menawarkan liburan asyik ke kebun buah ini salah satunya adalah DK Tour Jogja yang menggunakan Armada Sewa Bus Jogja dari DK Transport Jogja.

Wisata alam kebun buah mangunan berlokasi di desa mangunan, kecamatan dlingo, kabupaten bantul. Lokasi ini memiliki luas 233.415 hektar berada pada ketinggian 150 – 200 m diatas permukaan laut. Letaknya yang berada pada daerah dataran tinggi menjadikan udara di lokasi wisata alam ini menjadi sejuk dan segar. Wisata alam kebun buah mangunan mulai dibangun oleh pemerintah kabupaten bantul pada tahun 2003. Wisata ke kebun buah mangunan akan semakin asyik dengan bergabung dengan paket wisata yogya.

Rute menuju lokasi wisata alam kebun mangunan cukup mudah. Wisatawan bisa menambil rute dari terminal giwangan lurus terus ke selatan menuju jalan imogiri timur. Dari jalan imogiri timur lurus sampai menemukan pertigaan belok ke kiri sampai menemukan papan petunjuk menuju wisata alam kebun buah mangunan. Ikuti saja papan papan petunjuk selanjutnya sampai bertemu dengan lokasi kebun buah mangunan bantul. Jika wisatawan bergabung dengan paket wisata yogya, wisatawan akan diantar langsung menuku lokasi wisata alam kebun buah mangunan.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Untuk mengunjungi wisata alam kebun buah mangunan, wisatawan harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000. fasilitas parkir kendaraan di lokasi ini adalah gratis tidak dipungut biaya sepeserpun. Wisata alam ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 18.00 wib. Selain dapat menikmati keindahan alamnya, wisatawan juga dapat mempelajari dan mengamati berbagai macam tanaman buah buahan yang ditata sesuai dengan kemiringan daerah mangunsari. Buah buahan yang dibudidayakan di kebun buah mangunan yogyakarta antara lain seperti durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, serta manggis. Selain itu terdapat pula buah buahan lain dengan jumlah relatif sedikit seperti matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak, dan belimbing. Pohon pohon besar juga tumbuh dengan subur di lokasi ini seperti pohon jati, magium, dan pinus. Keberadaan pohon pohon ini semakin menambah kesejukan udara di lokasi wisata alam kebun buah mangunan.

Pembibitan dan peternakan sapi juga bisa wisatawan temukan disini. Keberadaan peternakan sapi ini selain bertujuan untuk menambah populasi sapi juga digunakan untuk menghasilkan pupuk kandang yang digunakan untuk pemeliharaan tanaman buah buahan di kebun buah mangunan. Pada sore hari, wisatawan akan disuguhi indahnya pemandangan matahari tenggelam di langit senja kebun buah mangunan bantul.

Selain sebagai wisata alam, kebun buah ini juga cocok untuk wisata edukasi dan sangat cocok untuk wisata bersama keluarga, dan juga wisata study tour. Banyak fasilitas yang tersedia di lokasi ini seperti penginapan / homestay, gedung pertemuan, lahan pembelajaran pembibitan tanaman dan pembuatan pupuk, bumi perkemahan, serta aneka tanaman buah dan tanaman hias. Selain itu terdapat pula kolam renang anak dan wahana permainan outbond seperti flying fox, jembatan goyang, dan lain lain. Wisata alam ini banyak ditawarkan oleh penyedia jasa paket wisata yogya dengan penawaran harga yang cukup menarik.

Leave a Reply