Serunya Berolahraga Panjat Tebing Di Pantai Siung Gunung Kidul

Serunya Berolahraga Panjat Tebing Di Pantai Siung Gunung Kidul – Banyak objek wisata alam tersembunyi di daerah Gunung Kidul yang belum banyak dikunjungi wisatawan, salah satunya adalah pantai siung. Pantai dengan pemandangan indah lautnya yang biru dan pantai pasirnya yang putih juga terkenal dengan bebatuan karang yang kokoh di pinggir pantai.

Batuan karang raksasa di bagian barat dan timur pantai tak hanya sebagai pelengkap keindahan pantai ini, tetapi juga sebagai penanda batas dengan pantai lain. Dari batuan karang raksasa inilah nama siung berasal. Konon katanya kenapa dinamai siung karena ada sebuah batu kerang yang bentuknya mirip dengan gigi kera atau siung wanara, lokasi batu kerang siung ini berada agak menjorok ke lautan. Wisata paket yogya juga menawarkan perjalanan unik berwisata ke Pantai Siung.

Lokasi Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai Siung berlokasi di dusun wates, desa Purwodadi, kecamatan tepus, Gunung kidul sekitar 77 km dari pusat kota yogya. Sebaiknya wisatawan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan karena tidak ada transportasi umum yang dapat mencapai ke lokasi ini. Bisa juga dengan bergabung denga wisata paket yogya, sehingga wisatawan bisa langsung diantar menuju ke lokasi Pantai Siung oleh penyedia jasa paket wisata yogya. Pastikan kendaraan berada dalam kondisi prima karena jalan menuju lokasi Pantai Siung sangat menantang, jalannya penuh dengan tikungan tajam dan tanjakan. Jalan sudah beraspal mulus, disepanjang jalang wisatawan akan disuguhi pemandangan indahnya perbukitan kapur dan hijaunya ladang palawija. Rute yang bisa diambil menuju ke lokasi pantai siung adalah dari kota yogya ambil jalur menuju wonosari lalu menuju tepus kemudian menuju purwodadi dan selanjutnya wisatawan akan sampai pada pantai siung. Lamanya perjalanan dari kota yogya sampai ke lokasi pantai siung adalah sekitar 2 jam.

Pantai siung memang terkenal dengan keindahan batuan karang yang besar dan kokoh. Ombak besar yang datang dari lautan kadang menerjang bebatuan karang yang berada di pinggir pantai dengan air laut yang masuk melalui celah celah karang menyajikan pemandangan indah yang tak akan terlupakan. Pada tahun 1989, pendaki alam dari jepang memanfaatkan batuan batuan karang ini sebagai lokasi panjat tebing. Dari sinilah nama Pantai Siung akhirnya mulai dikenal oleh wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Pada tahun 2005, pemerintah yogyakarta meresmikan pantai siung sebagai lokasi khusus panjat tebing. Dan ditahun yang sama juga diadakan Asean Climbing Gathering yang diikuti oleh 250 peserta dari 65 negara asia dan eropa. Pantai siung memiliki 250 jalur panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang berbeda beda. Pantai ini juga mendapat julukan the best rock climbing site in yogya, tidak menutup kemungkinan jika jalur panjat tebing di pantai ini akan terus bertambah disetiap tahunnya.

Tiket Masuk Pantai Siung Gunung Kidul

Untuk masuk ke lokasi pantai siung wisatawan dikenakan biaya Rp. 3.000 / orang. Tarif parkir untuk kendaraan bermontor adalah Rp. 2.000. wisatawan selain bisa mencoba sensasi mendaki tebing di pantai ini, juga bisa menikmati indahnya pemandangan lepas pantai dari atas batuan karang. Jika ingin menginap, tersedia camping ground yang bisa digunakan untuk bermalam mendirikan tenda, sambil menyalakan api unggun ditemani dengan kemerlip bintang di langit malam. Terdapat pula rumah panggung yang bisa digunakan sebagai base camp. Rumah panggung ini cukup luas bisa menampung 10 – 15 orang. Pemandangan ombak pantai nan eksotis dan putihnya pasir pantai siung bisa dinikmati disini. Fasilitas fasilitas lain yang ada di pantai ini antara lain seperti toilet, tempat parkir, dan warung makan. 

Dengan menggunakan jasa paket wisata jogja menggunakan armada sewa bus jogja dari DK Transport Jogja akan menjadi salah satu cara terbaik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata alam Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta ini.

Leave a Reply

0818635846