Surfing di Pantai Krakal Gunung Kidul

Surfing di Pantai Krakal Gunung Kidul – Saat ini Kabupaten Gunung Kidul di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah menjadi tempat favorit bagi wisatawan karena tempatnya yang masih terbilang asri dan banyak objek wisata yang baru.

Kabupaten ini menawarkan banyak wisata-wisata pantai yang masih baru, tetapi pantai yang sudah terkenal namanya pun tetap menjadi tempat favorit bagi sebagian pengunjung karena keunikan dan keindahannya. Salah satu pantai yang sudah dikenal lama oleh wisatawan ialah pantai Krakal dibanding dengan pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul. Walaupun dari segi promosi pantai ini kalah dengan pantai lainnya seperti pantai Baron, pantai Indrayanti, dan lainnya, tetapi kunjungan ke pantai Krakal tetap ramai sebagai pantai yang memiliki spot bagus dan pemandangan yang indah.

Lokasi pantai Krakal ini ada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pengunjung yang akan berwisata ke pantai ini dapat menuju ke arah kota Wonosari terlebih dulu dari Yogyakarta dan menempuh perjalanan kurang lebih selama dua jam, tergantung kondisi jalan, karena letaknya berada di 40 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan 25 kilometer dari kota Wonosari. Akses jalan yang dilalui pun semakin berkelok, terkadang pengunjung dapat menemukan jalan yang menikung tajam dan menanjak. Setelah pengunjung sudah sampai di kota Wonosari, barulah menuju ke arah pantai di pesisir selatan Gunung Kidul. Oleh karena itu, pastikan kendaraan yang digunakan terisi bahan bakar penuh, karena menujuk ke arah pantai ini, sulit ditemukan penjual bensin. Tepatnya berada di satu deretan ke arah pantai Sundak, pantai Baron, dan pantai Kukup.

Tiket masuk pantai Krakal adalah tiket terusan yang merupakan satu paket dengan tiket masuk kawasan pantai lainnya yang sederet dengan pantai Krakal di pesisir selatan Gunung Kidul. Biaya retribusinya sekitar Rp10.000,00/orang dan belum termaksud biaya parkir. Bagi para pengunjung yang ke sini sebaiknya membawa baju ganti untuk sekedar bermain air dan pasir, karena airnya yang begitu segar dan tidak kotor. Selain itu, hamparan pasir putih yang membentang luas dan ombak yang bergulung-gulung dapat dijumpai di pantai Krakal.

Di bibir pantai, terdapat batu-batu karang yang dihuni oleh ikan-ikan karang yang cantik. Jangan lupa pula bagi pengunjung untuk menggunakan alas kaki yang tebal, karena batu-batu karang di sekitar pantai cukup tajam dan runcing. Pantai Krakal juga cocok digunakan untuk berselancar atau spot surfing dan menjadi spot foto yang menarik. Adanya gazebo yang menghadap tepat ke arah pantai membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan diiringi semilir angin. Saat air laut surut, pengunjung juga bisa bermain-main sambil menangkap ikan-ikan kecil, kerang-kerang, maupun bintang laut yang bersembunyi di balik karang. Jika senja mulai datang, pengunjung dapat menyaksikan sunset yang begitu indah di pantai ini.

Mungkin keunikan yang paling menonjol dari pantai Krakal ini adalah tempat yang cocok untuk berselancar atau sebagai spot olahraga surfing. Biasanya surfing dilakukan di deretan batu karang yang berada di lepas pantai, kemudian siap menyongsong ombak yang cukup menantang. Pantai Krakal ini memiliki dasar laut yang didominasi karang, sehingga pengunjung yang ingin melakukan surfing harus lebih berhati-hati. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini biasanya sekita bulan Maret dan Bulan September. Akan tetapi, olahraga surfing bukan olahraga yang populer di kalangan penduduk setempat. Oleh karena itu, pengunjung sebaiknya membawa sendiri papan selancar, karena di pantai Krakal belum ada tempat penyewaan surboard.

Fasilitas yang ditawarkan pun sangat lengkap. Pengunjung dapat menikmati menu-menu masakan khas laut yang disediakan di warung-warung di sekitar pantai atau bisa juga menikmati es kelapa muda yang begitu segar sambil menikmati suasana di sekitar pantai Krakal. Selain itu, ada mushala, penginapan, dan kamar mandi atau toilet lengkap di sini. Jadi, bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata pantai di Gunung Kidul, jangan lupa mampir ke pantai Krakal.

 

Leave a Reply

0818635846