Waduk Sermo Jogja, Spot Foto Paling Dicari

Waduk Sermo Jogja, Spot Foto Paling Dicari – Di Yogyakarta ingin berlibur kemana? Atau Anda yang seorang backpacker ingin mengunjungi suatu lokasi yang menarik di DIY? Waduk Sermo bisa menjadi jawaban Anda.

Waduk Sermo Jogja yang diresmikan oleh presiden Soeharto pada 20 November 1996 dibangun dengan biaya Rp. 22 Milyar. Penyelesaian pembangunan waduk ini adalah dua tahun delapan bulan.

Waduk sermo Jogja terrbentuk dari luas sekitar 21,3 kilometer persegi. Daya tamping air sekitar 21,9 juta meter kubik dan memang jauh lebih kecil jika dibandingkan daya tampung Waduk Jatiluhur yang mencapai sekitar 3 miliar kubik. Walaupun demikian, waduk Sermo menjadi sumber kehidupan untuk para warga di daerah Wates tersebut.

Luas area Waduk Sermo Jogja sekitar 157 hektar. Wilayah ini dulunya adalah pemukiman warga yang kemudian 100 Kepala Keluarga ditransmigrasikan ke Bengkulu dan tujuh lainnya ke Riau. Hal ini dilakukan semata untuk membangun bendungan nan asri ini.

Waduk yang berada di Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini diklaim mejadi bendugan terbaik di Indonesia. Yaitu apabila diukur berdasarkan kualitas air sebagai sumber air minum sekaligus irigasi sawah di Wates. Hal ini dikarenakan oleh sedementasi Waduk Sermo sangat sedikit. Apalagi waduk sermo dikelilingi oleh rimbunan pepohonan hijau di Kulonprogo.

Funsi utama waduk sermo jogja merupakan waduk untuk sumber air bersih PDAM da irigasi persawahan di daerah Wates dan sekitar. Selain itu, waduk sermo juga dijadikan tempat latihan dan lomba dayung. Namun selain sifatnya yang fungsional tersebut, waduk sermo juga dijadikan wisata edukasi di Kulonprogo, Yogyakarta. Terlebih dengan dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau menjadikan pemandangan alam sekitar semakin indah.

Berwisata di waduk sermo tidak kalah menarik dengan berwisata di tempat lain. Di sini pengunjung dapat menyewa perahu untuk berkeliling Waduk Sermo sembari melihat keindahan perbukitan Menoreh. Harga sewa perahu wisata Rp. 30.000 per perahu atau Rp. 5.000 per orang. Di waduk sermo ini juga mempunyai fasilitas pemancingan. Keberadaan ikan “Setan Merah” atau si ikan predator di Waduk Sermo rupanya menjadi kegemaran untuk berdiam menunggu hasil tangkapan.

Bagi penikmat senja, kawasan waduk Sermo juga merupakan lokasi favorit yang digemari untuk dikunjungi. Para pecinta fotografi juga sering memanfaatkan momen matahari senja ini dibias dengan air waduk yang berkilau. Di waduk ini juga dijadikan tempat berkemah bagi yang ingin mendirikan tenda di tepi waduk dengan rerumputan hijau. Lokasinya berada di bukit perkemahan pramuka.

Apabila akan mengunjungi kawasan waduk sermo pengunjung dikenakan biaya parkir Rp. 2.000 untuk motor, mobil Rp. 3.000, Bus Rp. 10.000. Biaya masuk waduk sermo ini Rp. 5.000 per orang. Jika Anda ingin berfoto di gardu pandang, Anda akan dikenai tariff Rp. 10.000 per orang saja.

Adapun fasilitas di waduk ini adalah Villa, warung makan, bengkel, toilet umum, rumah jamur, rumah panggung dan penyewaan perahu. Selamat berlibur

 

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

0818635846