Belajar Tradisi Kearifan Lokal di Desa Wisata Pentingsari Sleman

Belajar Tradisi Kearifan Lokal di Desa Wisata Pentingsari Sleman РKabupaten Sleman adalah salah satu kabupaten di daerah istimewa yogyakarta yang menyimpan berbagai macam keindahan alam dan tempat wisata. Salah satunya adalah Desa Wisata Pentingsari Sleman.

Dusun Pentingsari berbentuk seperti semenanjung dimana sebelah barat terdapat lembah yang sangat curam yaitu kali Kuning dan sebelah selatan terdapat lebah yang berupak Goa Ledok / Ponteng dan Gondoran sebelah timur terdapat lembah yang curam yaitu Kali Pawon dan sebelah utara merupakan dataran yang dapat berhubungan langsung dengan tanah di sekeliling kelurahan Umbulharjo sampai ke pelataran gunung Merapi. Dusun Pentingsari terdiri dari dua dusun yaitu Bonorejo dan Pentingsari.

Desa Wisata Pentingsari Sleman menyediakan fasilitas yang lengkap seperti telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, tempat ini juga memiliki lahan yang luas, sehingga cocok digunakan sebagai tempat camping ground maupun outbond. Beberapa keistimewaan lain yang dimiliki desa ini adalah goa-goa perjuangan masa penjajahan dan sumber mata air alami.

Desa wisata Pentingsari Sleman memiliki berbagai macam objek wisata dan benda bersejarah yang akan memberikan pengalaman baru. Beberapa objek wisata yang terdapat di desa wisata ini ialah pancuean suci sendangsari yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, luweng yaitu berupa batu yang menjadi saksi perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajah, rumah Joglo yang biasanya digunaka sebagai tempat pertemuan, dan area persawahan dengan udara yang sejuk.

Sekali lagi, Desa Wisata Pentingsari memiliki suasana pedesaan yang ebgitu asri ditambah dengan adanya sungai yang bergemericik dan area persawahan yang biasa digunakan petani setempat untuk membajak sawah dan menanam padi. Pengunjung akan merasa nyaman berada di desa Pentingsari.

Di sini juga terdapat ponteng, yaitu tempat yang dijadikan pertemuan antara kali kuning dan kali pawong yang dipercaya masyarakat sebagai tempat singgah ular raksasa, kemudian ada pula batu persembahan yang digunakan sebagai tempat untuk menempatkan sesai ular raksasa yang berada di ponteng.

Pengunjung juga bisa melewati jalur tracking dengan melewati area persawahan, lembah dan tebing yang naik turun dengan terowongan yang sangat unik dan indah, dan menemukan berbagai macam tanaman hutan yang rindang. Trackin ini sangat cocok bagi semua kalangan usia, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Jadi, jangan lupa sempatkan waktu Anda untuk berkunjung menikmati suasa alami di desa wisata Pentingsari ini.

 

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

× 0818635846