Berwisata Seru ke Candi Sewu yang Terlupakan – Siapa yang tidak mengenal candi Prambanan di Yogyakarta? Candi tersebut merupakan candi yang paling populer di Yogyakarta bahkan di Indonesia.

 Akan tetapi, tahukah pengunjung bahwa ada sebuah candi lain yang dibangun hanya berjarak 800 meter di sebelah utara candi Prambanan dan menjadi kompleks candi Buddha terbesar kedua setelag candi Borobudur? Candi tersebut adalah candi Manjusrighra atau orang-orang biasa mengenalnya dengan candi Sewu. Candi tersebut sudah dibangun sejak abad ke-8 bahkan usianya jauh lebih tua dari candi Borobudur atau candi Prambanan sendiri. Candi Sewu ini dinamakan demikian karena masyarakat setempat percaya bahwa penamaan candi tersebut berdasarkan pada kisah legenda Roro Jonggrang yang berarti sewu adalah seribu. Candi Sewu sendiri aslinya memiliki sebanyak 249 candi.

Candi Sewu adalah candi yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia yang harus dilestarikan. Candi Sewu adalah candi Buddha yang besarnya kedua setelah candi Borobudur yang juga diakui oleh UNESCO dan bukan termaksud candi Hindu seperti candi Prambanan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada masa itu masyarakat yang beragam Buddha dan Hindu saling hidup berdampingan dengan harmonis.

Candi Sewu memiliki empat pintu gerbang yang menuju ke arah pelataran luar, yaitu gerbang yang berada di sisi timur, sisi utara, sisi barat, dan sisi selatan. Masing-masing dari pintu gerbang tersebut dijaga oleh sepasang arca Dwarapala yang serupa dengan arca di gerbang luar.

Pemandangan yang terdapat di candi ini juga sungguh indah. Hamparan rumput-rumput hijau membentang dibagian pelataran candi. Pengunjung yang merasa lelah mengitari kawasan kompleks candi bisa juga menyewa sepeda dan membayar jasa sewa sekitar Rp10.000,00/orang. Jadi, bagi pengunjung yang berwisata ke candi Prambanan namun tidak mampir ke kompleks candi Sewu sangat disayangkan karena candi ini juga menyimpanan keunikan yang lain. Oleh karena itu, bagi pengunjung yang akan berkunjung ke Yogyakarta, khususnya ke candi Prambanan, sempatkanlah untuk mengunjungi komplek candi Sewu yang menyimpan nilai historis ini.

Sedikit Info nih Guys, Bagi yang membutuhkan jasa Sewa Bus Jogja bisa loh menyewa kendaraan di DK Transport Jogja. Ada banyak sekali tipe kendaraan yang dimiliki seperti Sewa Hiace JogjaSewa Short Elf JogjaSewa Long ELf JogjaSewa Medium Bus JogjaSewa Big Bus Jogja, dan Sewa SHD Bus Jogja yang bisa anda gunakan untuk kendaraan wisata anda bersama dengan keluarga.

Jika sobat mengakses halaman ini menggunakan smartphone silahkan sobat tinggal klik tombol panggilan yang berada di bawah layar handphone sobat. Selamat berlibur ?

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

× 0818635846