Candi Borobudur, Candhi Budha Terbesar di Dunia

Candi Borobudur, Candhi Budha Terbesar di Dunia – Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia bahkan terbesar di dunia ini terletak di sebelah barat daya dengan jarak 100 kilometer, di sebelah barat Solo sekitar 86 kilometer, dan di sebelah barat laut Yogyakarta sekita 40 kilometer. Candi ini didirikan tahun 800 Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra dan berbentuk stupa. Candi ini selain digunakan oleh umat Budha sebagai tempat beribadah, juga dijadikan objek wisata menarik yang dapat dikunjungi oleh pengunjung umum.

Bangunan ini ditemukan tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yaitu Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa dan ditemukan dalam keadaan tertimbun abu vulkanik serta semak belukar. Candi ini telah mengalami beberapa upaya pemugaran, salah satu pemugaran terbesar saat it terjadi pada tahun 1975 sampai 1982 oleh Pemerintah Republik Indonesia. Setiap tahun umat Buddha selalu berkumpul untuk memperingati hari besar Waisak. Pengunjung yang datang biasanya berasal dari seluruh penjuru Indonesia maupun penjuru dunia. Mereka yang berkunjung juga terkadang melakukan ziarah keagamaan di tempat ini.

Candi Borobudur ini berbentuk stupa dan terdiri atas 6 buah teras berbentuk bujur sangkar ditambah 3 buah pelataran di bagian atas berbentuk lingkaran. Terdapat 2.600 panel relief dan 504 arca Buddha. Bagian stupa terbesar diletakkan di tengah candi dan dikelilingi oleh 3 barisan yang melingkar dengan 72 stupa yang bagian dalamnya terdapat araca Buddha yang sedang duduk bersila.

Bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan dalam seni sastra dan budaya bisa datang ke candi Borobudur. Pengunjung bisa mengamati sekaligus membaca panel relief dalam dinding candi. Jasa pemandu yang ditawarkan di sini akan siap membantu pengunjung untuk memahami cerita di balik dinding relief tersebut. Pengunjung yang akan membaca cerita di dinding relief harus mengitari candi searah jarum jam atau dari kiri ke kanan. Mulailah dari pintu timur di tingkatan terbawah. Di dalam kompleks candi Borobudur terdapat pelataran hijau yang luas dan bisa digunakan untuk mengelilingi tempat wisata ini dengan menyewa sepeda yang ada di situ. Jika pengunjung membawa anak-anak kecil, jangan lupa mencoba kereta kelinci yang tersedia di sana atau bisa naik andong untuk berkeliling mengitari candi Borobudur ini.

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

× 0818635846