Candi Plaosan Yogyakarta Candi Khas Peribadatan Umat Buddha

Candi Plaosan Yogyakarta Candi Khas Peribadatan Umat Buddha – Relief candi yang terdapat di sini memiliki keunikan karena adanya gambaran unik pria yang sedang duduk bersila dengan tangan menyembah dan seorang wanita yang digambarkan sedang berdiri yang di sekelilingnya terdapat buku, pallet, dan vas.

Komplek Candi Plaosan Yogyakarta secara keseluruhan memiliki total stupa sebanyak 116 stupa perwara atau stupa kecil sebagai pendamping dan 50 candi pewara atau candi kecil sebagai pendamping. Untuk masing-masing candi induk terdapat 6 patung atau arca Dhyani Boddhisatwa. Candi induk Plaosan Lor pernah mengalami pemugaran tahun 1962 oleh Dinas Purbakala, sedangkan candi induk Plaosan Kidul pernah mengalami pemugaran tahun 1990 oleh Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala.

Candi Plaosan Yogyakarta sendiri memiliki ciri khas tertentu, yaitu permukaan teras yang halus yang pada saat itu teras tersebut digunakan sebagai sebuah wihara untuk beribadah umat Buddha. Selain itu, ada pendapat yang mengatakan bahwa fungsi candi Plaosan saat itu digunakan sebagai tempat menyimpan teks-teks milik para pendeta Buddha. Kompleks candi Plaosan merupakan candi yang luas karena pagar keliling berukuran sepanjang 460 meter dari utara ke selatan serta 290 meter dari barat ke timur. Adanya parit di sekitar juga bisa dilihat dengan berjalan ke arah timur melewati sisi tengah bangunan candi.

Pengunjunga juga bisa menikmati pemandangan sunrise atau matahari terbit di Candi Plaosan Yogyakarta ini sambil menikmati udara pagi yang masih segar ditambah panorama tanah persawahan pedesaan. Tempatnya yang bersih dan petugasnya yang begitu turut menambah menariknya candi Plaosan ini untuk dikunjungi. Hal yang penting ialah pengunjung yang akan datang ke candi Plaosan tidak dikenakan tarif biaya masuk dan hanya disuruh untuk mengisi buku tamu saja serta membayar uang parkir kendaraan. Jadi, sempatkan waktumu untuk datang ke candi Plaosan ini.

Sedikit Info nih Guys, Bagi yang membutuhkan jasa Sewa Bus Jogja bisa loh menyewa kendaraan di DK Transport Jogja. Ada banyak sekali tipe kendaraan yang dimiliki seperti Sewa Hiace JogjaSewa Short Elf JogjaSewa Long ELf JogjaSewa Medium Bus JogjaSewa Big Bus Jogja, dan Sewa SHD Bus Jogja yang bisa anda gunakan untuk kendaraan wisata anda bersama dengan keluarga.

Jika sobat mengakses halaman ini menggunakan smartphone silahkan sobat tinggal klik tombol panggilan yang berada di bawah layar handphone sobat. Selamat berlibur ?

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

× 0818635846