Desa Wisata Nglinggo Menoreh Samigaluh Yogyakarta

Desa Wisata Nglinggo Menoreh Samigaluh Yogyakarta – Berlibur ke Yogyakarta tidak harus berkunjung ke candi prambanan atau pantai parang tritis, namun anda bisa menikmati liburan bersama yang berbeda dengan berkunjung ke Desa Wisata Nglinggo Menoreh.

Desa Wisata Nglinggo Menoreh Samigaluh Yogyakarta adalah sebuah desa wisata yang berada di kabupaten Kulon Progro Yogyakarta. Lebih tepatnya berada di Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Desa Wisata Nglinggo Menoreh adalah sebuah desa wisata yang memberikan edukasi mengenai cara mempertahankan hidup yang tradisional dan jauh dari kesan modern. Selain wisata alamnya, desa Nglinggo juga terkenal dengan wisata budayanya. Pengunjung yang datang bisa belajar tentang pertanian dan perternakan.

Pengunjung juga diajarkan bagaimana kesenian di desa ini, seperti jathilan dan menari lengger. Selain belajar bagaimana kesenian yang ada di desa ini, pengunjung juga bisa mempelajari hal lainnya, seperti membatik dan membuat topeng.

Setelah pengunjung disuguhkan oleh daerah perbukitan, sungai yang jernis, dan hutan pinus yang lebat, pengunjung juga bisa mencicipi makanan khas desa Nglinggo yang cukup menarik dari segi penamaan dan tentu saja cita rasanya. Makanan tradisional yang patut dicoba di antaranya geblek, gula aren, nasi rempah, dan tawonan.

Pengunjung bisa menikmati menu olahan tersebut sambil menikmati suasana dan udara di desa ini. Di desa wisata ini juga terdapat bumi perkemahan yang ada di bukit data dan hamparan kebun teh. Jika pengunjung ingin melihat matahari muncul di sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat atau menikmati momen sunrise dan sunset, bisa datang ke bukit yang lebih tinggi.

Banyak paket wisata yang ditawarkan di desa wisata Nglinggo. Pengunjung dapat melakukan jelajah desa wisata dengan mengamati bagaimana kehidupan masyarakat setempat. Ada pula paket wisata melihat dan belajar bagaimana membuat gula aren, kopi hitam, dan teh sangit. Bagi pengunjung yang senang belajar kesenian, bisa melihat dan belajar pembuatan batik, pembuatan topeng, dan belajar tari lengger tapeng.

Fasilitas yang ditawarkan di antaranya tersedianya penginapan atau homestay dengan 23 buah rumah penduduk berkapasitas masing-masing 4 orang per-rumah. Terdapat kantor pusat informasi dan tempat pertemuan yang menampung sekitar 100 orang, tempat parkir yang luas, dan melayani paket perjalanan antar-jemput menuju lokasi.

Selain itu, terdapat pusat jajanan untuk dijadikan oleh-oleh pengunjung, seperti teh daun, geblek, tawonan, kopi hitam, teh sangit, dan lainnya. Jadi jangan lupa untuk mampir ke desa wisata Nglinggo di Kulon Progo ini.

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

× 0818635846