Goa Cerme Bantul, Menikmati Keindahan Goa Berbalut Mistis

Goa Cerme Bantul, Menikmati Keindahan Goa Berbalut Mistis – Menikmati keindahan Yogyakarta tidak sekedar dari Kraton dan Malioboro saja. Sejumlah tempat wisata menarik tersedia di kota budaya ini. Salah satunya adalah wisata Goa.

Goa-goa yang ada di Yogyakarta berjumlah ratusan. Dari ratusan goa tersebut ada beberapa goa yang dianggap mistis! Salah satunya adalah Goa Cerme Bantul.

Cerme berasal dari kata Ceramah. Ceramah yang dimaksudkan ini berasal dari kisah Walisongo yang menyebarkan syiar agama Islam di Pulau Jawa menggunakan ceramah. Goa Cerme Bantul terletak di Jl. Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Jika ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 45 menit dari kota Yogyakarta atau sekitar 20km.

Seperti goa-goa yang ada di Yogyakarta, Goa Cerme Bantul termasuk Goa yang memiliki keindahan stalaktit dan stalakmit yang ada di dalamnya. Istimewanya lagi, Goa ini tembus ke wilayah kabupaten Gunungkidul dan berjarak 1,5 km. di dalam Goa terdapat beberapa goa-goa kecil lain yang menambah keeksotisan goa.

Goa Cerme Bantul merupakan goa yang dianggap mistis. Pasalnya di dalam Goa pengunjung bisa menemukan orang bertapa dan mencium aroma dupa yang khas serta wangi bunga sesajinya. Dilansir dari travel.detik.com salah satu pengunjung dari Samarinda bernama Rusandi pada hari Jumat 26 April 2014 mengatakan bahwa keseruan menikmati goa Cerme ini adalah jalan yang hingga 1,5 km, tinggi air di dalam, kemudian air yang bersih yang bisa dia minum langsung. Aura mistis juga kencang, ada bau dupa dan bertemu orang bertapa di dalam. Selanjutnya dia menerangkan bahwa di dalam Goa gelap sekali  dan harus menggunakan lampu.

Pada hari Natal dan tahun baru serta libur panjang, pihak pengelola menyatakan kunjungan ke Goa Cerme meningkat menjadi 150 per hari dibanding dengan hari biasa yang hanya berjumlah 20 orang per hari. Pengunjungnya pun beragam. Mulai dari dalam Yogyakarta atau luar Yogyakarta. Kebanyakan pengunjung adalah pelajar, mahasiswa, hingga wisatawan asing.

Untuk memasuki Goa Cerme Bantul ini pengunjung diwajibkan bersama pemandu, karena Goa yang memiliki cabang di dalamnya ini bisa saja membuat orang tersesat. Walaupun gelap, adanya air bawah sungai yang mengalir di dalamnya menjadi keindahan sendiri di goa ini.

Tiket masuk kawasan Goa Cerme dikenakan tarif sebesar Rp. 3000,- dan termasuk asuransi sebesar Rp. 250,- dan untuk jasa pemandu adalah Rp. 50.000,- untuk rombongan di bawah rombongan 15 orang dan Rp. 4000,- untuk di atas 15 orang.

Bagaimana? Anda tertarrik untuk mengunjungi Goa Cerme Bantul ini? Persiapkan dengan baik kesehatan Anda dan jika masih ingin berlama-lama menikmati keindahan Goa serta asrinya pemandangan sekitar, Anda dapat menginap di sejumlah penginapan yang dekat dari lokasi ini. Selamat berlibur.

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

× 0818635846