Keunikan Candi Borobudur Magelang Indonesia

Keunikan Candi Borobudur Magelang Indonesia – Keunikan lain yang ditemukan di candi ini ialah arsitektur bangunan yang menarik. Borobudur dikenal sebagai mahakarya atau senia yang ada di Indonesia dengan teknik arsitektur yang selaras dan adanya unsur estetika seni rupa Buddha di Indonesia.

Bangunan di candi ini adalah perwujudan dari perpaduan antara pemujaan leluhur atau nenek moyang Indonesia dengan ajaran Buddha untuk mencapai Nirwana.

Selain itu, bangunan dalam Candi Borobudur Magelang juga merupakan sebagai perwujudan periode prasejarah di Indonesia pada masa Megalitikum, sehingga bangunan menyerupai punden berundak atau mirip seperti piramida. Jika dilihat dari dinding pahatan, reliefdi candi ini menampilkan banyak gambar dengan bentuk bangunan vernakular tradisional Nusantara.

Banyak sekali arkeolog yang datang untuk melakukan penelitian dan mencermati bagaimana kehidupan masa lalu di Nusantara abad ke 8 dan ke 9 dengan merujuk pada relief candi. Relief yang paling terkenal di candi Borobudur ialah relief yang menggambarkan kapal Borobudur, yaitu kapal kayu becadik khas Nusantara. Relief kapan tersebut juga menunjukkan bagaimana kehidupan bahari purbakala zaman dulu. Replika kapal besar berdasarkan releif di candi tersebut tersimpan di Museum Samudra Raksa, letaknya sebelah utara candi Borobudur.

Keunikan lain yang bisa dirasakan di candi ini ialah panorama atau pemandangan di sekitar Candi Borobudur Magelang yang menampilkan hamparan alam yang membentang luas. Keadaan sekitar atau lingkungan yang berada di sekitar candi dapat dilihat dengan jelas dari titik tertinggi candi Borobudur.

Jadi jangan sampai melewatkan pemandangan alam dengan latar hamparan bukit dan bentang alam di atas langit biru yang begitu eksotik dan tidak akan mengecewakan. Keindahan alam lainnya yang dapat dinikmati di candi Borobudur ialah tempat ini dijadikan spot terbaik dalam menikmati sunrise dan sunset di Indonesia.

Udara di sekitar Candi Borobudur Magelang pun sejuk dan dingin, sehingga menambah kesan damai dan tenang dalam menikmati keindahan alam di sini. Keberadaan patung dan stupa juga turut memberikan kesan yang unik dalam diri pengunjung. Jadi jangan pernah melewatkan candi Borobudur yang merupakan hasil karya peradaban masa lampau bernilai seni tinggi dan penuh nilai historis.

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

× 0818635846