Keunikan Desa Wisata Sambi di Kaliurang Yogyakarta

Keunikan Desa Wisata Sambi di Kaliurang Yogyakarta – Desa wisata saat ini memang telah menjadi andalan destinasi wisata saat pergi ke Yogyakarta. Banyak sekali desa wisata yang terdapat di Yogyakarta. Desa wisata menjadi alternatif pilihan pengunjung yang ingin menikmati suasana pedesaan dan ingi sejenak melupakan suasanaa di perkotaan.

Uniknya pula desa Sambi dekat dengan gunung Merapi, sehingga pemandangan alam yang ditawarkan cukup menarik. Selain itu, suasana dan udar yang ada di desa ini masih sangat sejuk sehingga membuat pengunjung merasa nyaman dan betah. 

Tidak lupa untuk mengisi perut dengan menu kuliner khas desa Sambi, seperti segho wiwit, megono, dan lainnya. Ada juga perkebunan buah naga di selatan dusun Sambi. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di desa Sambi yaitu belajar membajak sawah dengan kerbau atau sapi, belajar bercocok tanam padi dan menumbuk padi, belajar budidaya jamur, belajar memerah susu sapi perah dengan cara tradisional dan belajar membatik. Tersedia juga rumah joglo sinom dan limasan dengan pendopo luas yang cocok digunakan sebagai sarana kegiatan rapat, perkumpulan atau pertemuaan, seminar, dan lainnya.

Selain itu, desa Sambi juga memiliki banyak sekali kesenian rakyat. Kesenian rakyat yang dimaksud di antaranya ialah wayang kulit, Karawitan Jawa, Tari Tradisionl Jawa seperti tari Gambyong dan tari Tayub, serta Jathilan.

Pengunjung yang akan menikmati paket wisata dengan kegiatan membajak sawah dan menanam padi akan dikenakan biaya sebesar Rp450.000,00/maksimal 30 orang atau bisa juga menikmati paket wisata dengan kegiatan memerah susu sapi perah yang akan dikenakan biaya sekita Rp300.000,00/maksimal 30 orang dan sudah termaksud mendapatkan satu gelas susu setiap orangnya.

Untuk kegiatan outbond yang ingin diadakan di sini dapat mengambil lokasi di Ledok Sambi tepatnya di dekat Kali Kuning. Wahana Flying Fox sepanjang 200 meter melintasi kali kuning adalah wahana baru yang ditawarkan di kegiatan outbond di desa Sambi ini. Untuk bidang kebudayaan, desa Sambi ini masih mengedepankan dan melestarikan adat budaya yang ada, seperti kenduri, sadranan, dan ruwahan. Pengunjung juga bisa terlibat langsung dalam acara tersebut setiap ritual atau acar tersebut dilaksanakan. Jadi, jangan lupa untuk singgah di desa wisata Sambi ini untuk menghilangkan kepenakan selama beraktivitas di perkotaan.

Selamat berlibur sobat, Jika sobat hendak berlibur bersama keluarga namun masih bingung memilih kendaraan apa, sobat bisa menghubungi Sewa Bus Jogja di DK Transport Jogja dengan cara klik tombol call yang ada di bawah layar smartphone sobat.

 

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

× 0818635846