Lokasi dan Rute Situs Arca Gupolo Yogyakarta

Lokasi dan Rute Situs Arca Gupolo Yogyakarta – Yogyakarta adalah kota budaya dengan sejuta keindahan wisata yang ada didalamnya. Salah satu objek wisata peninggalan sejarah yang bisa anda kunjungi adalah Situs Arca Gupolo Yogyakarta.

Situs Arca Gupolo Yogyakarta adalah sebuah situs yang terletak di dekat candi Ijo dan candi Barong ini cukup unik dan merupakan kumpulan dari 7 buah arca dalam agama Hindu. Patung Agastya adalah patung yang ditemukan oleh penduduk setempat di area situs tersebut dan kemudian diberi nama Gupolo. Penduduk setempat percaya bahwa Gupolo adalah sebutan untuk arca yang ukurannya raksasa yang biasanya bertugas sebagai penjaga pintu.

Patung atau arcaAgastya ini tingginya sekitar dua meter dan memiliki senjata trisula, yaitu lambang dari ddewa Siwa yang dipegang dengan jelas oleh arca tersebut. Akan tetapi, keadaan arca Agastya ini sebenarnya sudah tidak begitu jelas.

Lain dari pada itu, di dekat Situs Arca Gupolo Yogyakarta ini ada sebuah mata air jernih yang berupa sumur. Mata air yang bersumber dari sumur itu biasanya masih digunakan oleh penduduk setempat untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Meskipun sedang musim kemarau, mata air tersebut tidak pernah kering.

Situs Arca Gupolo Yogyakarta ini terletak di dusun Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya berada di tengah hutan di ketinggian 195 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai lokasi situs ini, pengunjugn harus menitipkan kendaraannya di rumah warga kemudian bisa melanjutkan perjalanan yang sedikit mendaki dan menuruni bukit dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang cukup licin.

Terdapat juga patok penyangga yang memiliki empat tulisan di dalamnya dengan menggunakan bahasa Belanda, bahasa Indonesia dengan ejaan lama, dan bahasa Jawa Kuno. Adanya nomor registrasi yang terdapat dalam situs ini diduga bahwa bangunan tersebut berada di masa pendudukan Belanda saat itu.

Sedikit Info nih Guys, Bagi yang membutuhkan jasa Sewa Bus Jogja bisa loh menyewa kendaraan di DK Transport Jogja. Ada banyak sekali tipe kendaraan yang dimiliki seperti Sewa Hiace JogjaSewa Short Elf JogjaSewa Long ELf JogjaSewa Medium Bus JogjaSewa Big Bus Jogja, dan Sewa SHD Bus Jogja yang bisa anda gunakan untuk kendaraan wisata anda bersama dengan keluarga.

Jika sobat mengakses halaman ini menggunakan smartphone silahkan sobat tinggal klik tombol panggilan yang berada di bawah layar handphone sobat. Selamat berlibur ?

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

× 0818635846