Malioboro Jogja, Trademark Kota Yogyakarta

Malioboro Jogja, Trademark Kota Yogyakarta – Siapa yang tidak mengenal Malioboro saat berkunjung ke kota Yogyakarta? Malioboro merupakan nama dari sebuah jalan yang sangat legendaris dan dikenal dengan sebutan Malioboro Jogja. Orang-orang yang berkunjung ke Yogyakarta tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Jalan Malioboro.

Malioboro Jogja identik dengan pedagang kaki lima yang menawarkan kerajinan khas Yogyakarta dan berada di setiap ruas jalan. Selain itu, warung-warung lesehan  yang menjajakan makanan khas dari Yogyakarta, seperti gudeg, juga terdapat di Malioboro Jogja dan baru buka saat malam hari. Bagi pengunjung yang baru pertama kali mengunjungi Malioboro Jogja jangan ragu dan malu untuk bertanya harga yang dipatok pada makanan yang dipesan, karena terkadang ada beberapa pedagang yang sengaja menaikkan harga aslinya.  Jika Anda tidak ingin makan besar, Anda dapat mencicipi wedhang ronde, minuman yang khas dengan bahan utama air jahe panas dicampur dengan taburan kacang tanah goreng tanpa kulit, potongan roti, dan kolang-kaling yang cocok untuk menghangatkan tubuh. Lainnya, Anda juga dapat mencicipi sate ayam dengan lontong yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan.

Para seniman jalanan yang sering berkumpul di Malioboro Jogja akan mengekspresikan kemampuan mereka, seperti bermain musik dan melukis, membuat jalan tersebut menjadi semakin kental akan kultur budaya. Bahkan jika Anda datang di waktu-waktu tertentu, Anda dapat melihat banyak sekali festival-festival, seperti kirab budaya, yang akan melintasi jalan Malioboro ini atau mungkin justru ditampilkan khusus di jalan Malioboro. Malioboro Jogja semakin berkembang dan terus mengalami perubahan dari segi fasilitas yang ditawarkan, karena pemerintah kota melihat potensi wisatawan yang semakin meningkat tiap tahunnya. Akan tetapi, pembangunan secara menyeluruh tidak menghilangkan kearifan budaya lokal yang sudah ada, karena kultur tersebut akan terus dipertahankan sebagai ciri khas tertentu dari keistimewaan Yogyakarta.

Tidak mengherankan juga bila Malioboro Jogja ini menjadi salah satu jalan yang paling populer di Yogyakarta, karena letaknya yang juga strategis di pusat kota dan dekat dengan tempat-tempat wisata lain. Beberapa tempat wisata yang dapat dijangkau dan letaknya sangat dekat dengan jalan Malioboro adalah wisata Taman Pintar, Benteng Vredeburg, Monumen Serangan Oemoem 1 Maret, dan Keraton Yogyakarta. Selain itu, kawasan yang tidak kalah penting dan menjadi tempat yang erat kaitannya dengan jalan Malioboro adalah kawasan nol kilometer. Di situlah biasanya tempat untuk berkumpul bersama dengan keluarga maupun teman-teman untuk sekedar menikmati suasana kota Yogyakarta. Biasanya banyak seniman-seniman jalanan yang melakukan hapening art dan siap berfoto dengan pengunjung.

Anda yang ingin membeli cindera mata khas Yogyakarta, dapat datang ke pasar Beringharjo yang juga terdapat di jalan Malioboro. Di sanalah disediakan berbagai macam pernak-pernik dan kerajinan unik serta kuliner khas, seperti bakpia, yang lengkap dari Yogyakarta. Bagi Anda yang malas berdesak-desakkan dan tidak mau merasakan hawa panas di pasar Beringharjo, Anda bisa mengunjungi mall Malioboro, salah satu departmen store yang ada di Malioboro Jogja. Jika Anda sudah lelah berbelanja dan berkeliling di Malioboro Jogja, naiklah andong yang biasanya ada di pinggir-pinggir jalan. Anda akan diajak menikmati suasana Jogja tanpa perlu merasa lelah. Jadi, dari segi akses pun, jalan Malioboro sangat mudah dijangkau oleh pengunjung. Anda yang datang dari kota lain menggunakan kereta api, bisa turun di Stasiun Tugu dan langsung berjalan ke arah selatan menuju jalan Malioboro. Jika Anda menggunakan bus kota, Anda dapat turun di terminal Giwangan, kemudian dilanjutkan naik Trans Jogja dengan jalur ke jalan Malioboro.

Jadi, bagi pengunjung yang akan melakukan perjalanan ke kota Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Malioboro Jogja.

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

× 0818635846