Pantai Baron, Pantai dengan Mercusuar 40 Meter

Pantai Baron, Pantai dengan Mercusuar 40 Meter – Indonesia, selain memiliki berjuta destinasi menarik juga memiliki beragam mitos di dalamnya. Yogyakarta adalah salah satu dari lokasi yang selalu memiliki cerita yang istimewa dan berbeda.

Misalnya saya salah satu pantai di Yogyakarta. di Gunungkidul, banyak terdapat pantai pasir putih yang membujur dan terpisah oleh karang antara pantai satu dengan lainnya. Salah satunya adalah pantai Baron.

Terik gersang khas pegunungan karst Gunungkidul ini memberikan sensasi perjalanan berbeda ketika menyusur pantai selatan dengan apsir putihnya yang khas. Akan tetapi semua terhenti ketika sampai di suatu kawasan memasuki pantai Baron Gunungkidul ini. Pohon-pohon hijau tumbuh segar hijau. Ombak yang meraung seolah ingin menggandeng tangan ini untuk segera bermain bersamanya. Ganasnya ombak dan pantai pasir putih yang khas pantai selatan ini menjadi nuansa yang berbeda.

Sepanjang memasuki kawasan dari area parkir sudah berderet kanan kiri warung-warung makan dan jajanan. Adapula pernak pernik khas pantai, kacamata, topi, dan beberapa kios baju juga berderet menyambut sebelum akhirnya berjumpa dengan si ombak yang suka bergulung.

Setelahnya, pantai seperti bentuk magent tapal kuda ini menyambut kedatangan kami. Pantai yang diapit oleh dua tebing karang kanan kiri menjadi eksotis seketika pengunjung tiba di tepiannya. Di sisi barat terdapat aliran sungai air tawar yang kemungkinan berasal dari mata air di bukit karang. Unik, karena sungai ini hanya berjarak beberapa ratus meter menuju muara pantai yang kemudian bersatu. Di depan bibir pantai berbaris puluhan kapal yang beristirahat menunggu air pasang kemudian melanjutkan untuk melaut pada malam hari.

Selain menikmati pantai, salah satu keunikan lagi yang menyapamu adalah bangunan tinggi putih seperti menara. Ya. Itu adalah Mercusuar Tanjung Baron. Untuk memasuki kawasan ini dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 2000. Menara ini dibangun pada bulan Februari tahun 2014, begitulah kata petugas. Mercusuar ini cukup tinggi yaitu 40 meter menjulang. Dibangun untuk menggantikanmercusuar yang lama yang berupa menara besi sudah sangat keropos. Alhasil dari adanya mercusuar ini menjadi daya tarik tambahan berkunjung ke pantai Baron. Adapun funsgsinya adalah untuk memandu kapal yang melintas, walaupun kapan sudah memiliki alat navigase yang lebih canggih.

Karena bukan menjadi fungsi utama wisata, jadi diharapkan kepada pengunjung untuk selalu menjaga ketertiban berwisata agar sekiling pantai Baron dan segala fasilitasnya termasuk mercusuar tetap berfungsi dengan baik.

Selamat berlibur sobat, Jika sobat hendak berlibur bersama keluarga namun masih bingung memilih kendaraan apa, sobat bisa menghubungi Sewa Bus Jogja di DK Transport Jogja dengan cara klik tombol call yang ada di bawah layar smartphone sobat.

 

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

× 0818635846