Pasar Klithikan, Pasar Antik di Yogyakarta

Pasar Klithikan, Pasar Antik di Yogyakarta – Yogyakarta selalu menyimpan keunikan tesendiri. Orang-orang yang berkunjung akan merasakan atmosfer budaya Jawa yang kental di kota ini. Banyak ditemukan seniman-seniman handal yang masih mau melestarikan segala kebudayaan yang ada di Yogyakarta.

Bagi pengunjung yang menyukai benda-benda antik bisa datang ke suatu tempat yang menyediakan dan menawarkan benda-benda antik tersebut. Jika di Yogyakarta ada sebuah pasar yang menjual barang-barang loak alias barang bekas tetapi sangat anti, yaitu pasar Klithikan.

Pasar Klithikan Pekuncen, begitu orang-orang sekitar menyebutnya, adalah sebuah pasar yang berdiri sejak 11 November 2007. Menurut cerita yang beredar, pasar ini pada zaman dahulu merupakan tempat menjual onderdil kendaraan bekas dan barang-barang lainnya yang berbahan besi yang jika dilempar akan menimbulkan bunyi klithik-klithik.

Sebenarnya pasar Klithikan tidak hanya menjual barang-barang kuno atau bekas saja, tetapi ada juga barang-barang baru yang dijual di sini. Akan tetapi, orang-orang lebih mengenal pasar Klithikan dengan pasar yang menjual barang-barang bekas.

Sebagian besar barang-barang yang dijual di pasar ini di antaranya, onderdil dan sparepart kendaraan, sepatu-sepatu, helm, aneka jenis botol, konveksi, dan juga hand phone karena ada konter hand phone di sini. Dulu pasar ini merupakan pasar hewan, tetapi pasar hewan tersebut kemudian dipindah ke daerah Gamping tapatnya di Ambar Ketawang. Setelah dilakukan relokasi pasar hewan, kemudian para pedagang yang berasal dari jalan Mangkubumi, jalan Asem Gede, dan Alun-alun Kidul Keraton Yogyakarta pindah ke tempat ini.

Fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung umum pun cukup lengkap di pasar Klithikan. Di sini sudah terdapat tempat ibadah, tempat parkir, toilet umum, dan mesin ATM. Terdapat juga kantor pengelola dan tempat layanan kesehatan. Jadi, banyak sekali keantikan yang dapat ditemukan di pasar ini. sebenarnya masih banyak sekali barang-barang antik dan unik yang bisa dieksplor sendiri saat berkunjung ke pasar Klithikan.

Nah jika anda berkunjung ke Yogyakarta jangan sampai engga datang ke pasar ini ya, karena dijamin anda akan menemukan sensasi yang berbeda jika berkunjung ke pasar ini sebagai destinasi wisata belanja jogja anda. Selamat berbelanja dan hati-hati ya 🙂

About the author

DK Transport Jogja selalu berinovasi dan tumbuh dengan kritik dan saran dari pelanggan dan support penuh dari para investor menjadikan perusahaan ini selalu berkembang dan ingin menjadi perusahaan Tour dan Travel terbesar yang ada di Yogyakarta bahkan Indonesia. Kami memberanikan diri untuk selalu melakukan perubahan, pengembangan dan inovasi baik dari segi management, kualitas armada, profesionalisme dan kualitas produk yang kami berikan.

Leave a Reply

× 0818635846