Skip to content
Home » Blog » Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

  • by
Pantai Indrayanti

Salah satu pantai favorit yang sudah lama ada tapi tetap populer hingga saat ini adalah Pantai Indrayanti. Sejak tahun 2009, pantai di Gunung Kidul ini sudah beroperasi sebagai obyek wisata.

Banyak wisatawan menganggap kalau pantai ini adalah wisata bahari paling sempurna di Gunung Kidul. Nah alasan yang mendasari hal tersebut ada pada ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Indrayanti

Wisata Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti merupakan pantai paling terkenal dan memiliki nama unik di Jogja. Jika pada umumnya, nama pantai mengambil dari lokasi pantai atau daya tariknya. Namun, nama pantai ini berasal dari pasangan suami istri.

Sebenarnya, nama resmi pantai ini adalah Pantai Pulang Syawal dan memiliki banyak restoran pantai terkenal. Nah pemilik restoran tersebut adalah pasangan suami istri dari Bapak Indra dan Ibu Yanti.

Lama kelamaan, nama tersebut https://www.nadiamurad.org kian populer dari mulut ke mulut. Sehingga banyak wisatawan yang lebih mengenal pantai ini dengan sebutan Indrayanti ketimbang Pantai Pulang Syawal.

Wisata alam ini sudah beroperasi sejak tahun 2009. Landmarknya begitu indah dengan sekumpulan batu karang yang jadi daya tarik utamanya. Apalagi kawasannya cukup luas dengan dengan air laut yang masih jernih.

Di samping pantai terdapat semacam bukit hijau berdiri dengan gagah. Tak jauh berbeda dengan tipikal pantai selatan Jogja dimana garis pantainya cenderung landai.

Lihat juga tempat wisata Pantai Sanur.

Daya Tarik Pantai Indrayanti

Daya Tarik Wisata Pantai Indrayanti

Setiap destinasi pasti punya daya tarik yang berbeda-beda, termasuk pantai selatan Jogja ini. Ada sederet hal menarik dan aktivitas menyenangkan yang akan menemani liburan akhir pekan Anda. Berikut rekomendasinya.

Bersantai di Pesisir Pantai

Di tengah-tengah nuansa biru laut, pasir putih, dan bukit hijau, terdapat warna pelangi yang mencolok. Warna tersebut berasal dari kursi payung pantai yang berjejer banyak di sepanjang tepi pantai.

Semakin siang, terik matahari semakin menyelimuti pantai ini. Sehingga pengunjung bisa tetap menikmati keindahan pantai dengan berteduh di bawah payung-payung pantai.

Jangan lupa untuk membawa makanan khas Jogja sebagai teman bersantai. Sebab tempat ini sangat asyik untuk Anda yang ingin berleha-leha menghabiskan waktu di tepi pantai.

Pesona Karang dan Pasir Putih

Pantai ini seolah jadi rute wajib yang harus wisatawan kunjungi. Karena banyak batu karang yang memadati area pantai. Ukuran batu karangnya cukup besar-besar bahkan ada yang telah menjadi tebing.

Kontur tanah di pantai cukup landai. Sehingga wisatawan bisa dengan mudah bermain-main di sekitar batu karang. Semakin seru ketika bermain di pasir pantai.

Warnanya yang putih bersih siap menarik perhatian para pengunjung termasuk anak-anak untuk memainkannya. Pada batu karang yang eksotis, Anda juga bisa berfoto.

Terlebih saat berada di puncak tebing. Spot foto dengan view ombak yang bergelombang jadi area foto Instagramable. Tidak sedikit calon pasutri muda yang memanfaatkannya sebagai spt foto pre-wedding.

Keseruan Bermain Jetski

Aktivitas berenang, bermain pasir, dan bersantai memang aktivitas pada umumnya saat di pantai. Tapi tidak semua pantai bisa menawarkan permainan jetski. Nah di Pantai Indrayanti ini, Anda bisa menikmatinya.

Berkendara di atas air menaklukkan ombak-ombak yang bergejolak. Pengalaman liburan Anda jadi semakin terkesan dan jadi kenangan tersendiri. Anda bisa menyewa jetski di tempat yang telah tersedia.

Fasilitas di Pantai Indrayanti

Fasilitas Wisata Pantai Indrayanti

Panorama pantai dan batu karang yang menakjubkan ini semakin sempurna dengan adanya beragam fasilitas lengkap. Sehingga pengunjung yang datang nyaman dan betah berlama-lama menghabiskan liburan di area wisata ini.

Di sepanjang pesisir pantai banyak berdiri gazebo dan kursi payung pantai untuk pengunjung. Sehingga Anda bisa bersantai dan berteduh untuk menikmati ombak yang saling berkejaran.

Area parkir kendaraan punya kapasitas yang cukup baik motor atau mobil. Sementara, warung-warung makan di pinggir pantai bisa menjadi tempat mencoba wisata kuliner khas Jogja yang terkenal sedap.

Untuk fasilitas seperti toilet dan kamar bilas juga tersedia memadai. Tempat persewaan jet ski juga ada. Keamanan bermain di pantai diawasi oleh petugas pantai yang berjaga di menara lifeguard.

Kalau Anda ingin mencari buah tangan sewa Hiace Jogja sebenarnya bisa berbelanja di warung makan tersebut. Namun jenisnya tidak selengkap di pusat oleh-oleh khas Jogja.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Tarif masuk Pantai Indrayanti iniĀ  sangat terjangkau, jadi Anda tidak perlu banyak mengeluarkan biaya. Terlebih lagi pemandangan alamnya cukup menyejukkan mata.

Bahkan, Anda masih bisa berbelanja oleh-oleh khas Jogja. Karena alokasi budget liburan di area ini sangat murah di kantong. Detail biaya tiket masuknya dapat Anda simak pada tabel berikut ini.

Tiket Masuk Rp10.000,00
Sewa Payung Pantai Rp20.000,00
Sewa Gazebo Rp30.000,00
Sewa Jetski Rp250.000,00
Toilet dan kamar mandi bilas Rp2.000,00-Rp5.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Pantai Indrayanti

Lokasi Wisata Pantai Indrayanti

Lokasi Pantai Indrayanti terletak di Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Jogja. Keberadaan pantai ini memang masih dalam satu kawasan pantai Gunung Kidul lain, sebut saja seperti Pantai Pok Tunggal.

Dari pusat Jogja, jaraknya sekitar 66 km. Kalau mengendarai kendaraan pribadi, Anda akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Memang durasi perjalanannya cukup lama.

Hal tersebut karena medan jalannya berkelok-kelok dan naik turun, jadi Anda juga harus berhati-hati. Tetapi kondisi jalannya sudah beraspal halus sehingga tetap nyaman.

Ada baiknya Anda menggunakan jasa sopir dari rental Alphard Jogja supaya tidak lelah menyetir. Ketika tiba di pantai, Anda tidak kehabisan energi dan bisa maksimal menikmati keindahan pantai.

Bagi turis domestik yang berangkat dari arah Wonosari bisa mengikuti papan penunjuk yang mengarahkan Anda ke daerah Tepus. Kalau dari arah Pantai Baron, Anda masih harus mengambil jalan ke arah timur sejauh 10 km.

Jam Buka Pantai Indrayanti

Pantai Pulang Syawal dapat Anda kunjungi setiap hari baik weekdays maupun weekend. Selain itu, keindahan pantai bisa Anda nikmati saat langit cerah saja dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Pengunjung hanya bisa menikmati sunset saja di pantai ini. Karena saat sunrise, pantai belum mulai beroperasi. Waktu terbaik berkunjung antara pagi atau sore hari.

Demikian informasi seputar Pantai Indrayanti di Gunung Kidul. Sudah tak perlu Anda ragukan lagi panorama pantai ini. Langsung saja datang ke pesisir selatan ini untuk membuktikan pesona pantai hits di Jogja ini.

Untuk layanan travelling ke wisata alam, sebaiknya Anda menggunakan layanan jasa biro travel. Dengan begitu pasti memudahkan Anda dalam memaksimalkan liburan di tempat wisata baru.

Misalnya saja melalui paket family gathering Jogja dari Salsa Wisata. Dengan paket tersebut semua hal keperluan perjalanan Anda telah kami siapkan, mulai dari akomodasi, transportasi, hingga penginapan.